Cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami
Advertisements

AldoDokter.com – Keinginan untuk diet oleh seseorang biasanya tumbuh ketika ia menyadari bahwasannya ukuran tubuhnya secara fisik ataupun timbangan sudah tidak lagi ideal. Dan sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet.

Yang perlu diketahui, ketika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda tidak boleh berekspektasi akan hasil yang instan. Apalagi melakukan diet instan dimana Anda sampai tidak makan berhari-hari, hal tersebut amat tidak dianjurkan oleh dokter dan ahli kesehatan. 

Sebelum mengetahui cara menurunkan berat badan secara alami tanpa harus diet, Anda perlu mengetahui juga apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum. Untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal akan kami bahas dalam artikel lainnya nanti.

Sekarang, mari kita simak 10 cara menurunkan berat badan secara alami tanpa diet, yaitu: 

1. Sarapan Setiap Hari 

Salah satu kebiasaan yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh banyak orang didalam upayanya untuk mengurangi berat badan adalah dengan sarapan setiap hari. Seorang ahli mengatakan jika banyak orang yang salah kaprah tentang sarapan.

Kebanyakan orang menganggap dengan tidak sarapan maka akan dapat memangkas asupan kalori yang masuk kedalam tubuh.

Padahal didalam kenyataannya jika tidak sarapan, justru mereka akan lebih banyak makan sepanjang harinya. Cobalah untuk memulai hari harimu dengan mengkonsumsi semangkuk sereal dengan topping buah dan susu rendah lemak. 

2. Menutup Dapur Dimalam Hari  

Saat malam hari datang tetapkan waktu tersebut untuk kamu berhenti makan supaya terhindar dari kebiasaan ngemil. Untuk menggantikannya saat malam hari tiba kamu bisa minum teh, mengemut permen, ataupun memakan yoghurt.

Meski begitu kamu jangan lupa untuk menggosok gigi setelahnya. Dengan melakukan ini maka nantinya kamu akan terhindar dari mengkonsumsi makanan atau minuman manis lainnya. 

3. Mengurangi Minuman Berwarna 

Meski kandungan kalori didalam minuman berwarna tinggi, tetapi tidak dapat mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu saat merasa haus sebaiknya kamu mengkonsumsi air mineral, susu rendah lemak, ataupun jus buah asli.

Atau kamu juga bisa minum segelas jus sayuran yang bernutrisi dan rendah kalori untuk bisa mengurangi rasa lapar.

4. Memperbanyak Makan Sayuran 

Cobalah dari sekarang kamu mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Kamu harus merubah perbandingan sayuran dan daging yang biasa dikonsumsi. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan mengurangi konsumsi daging secara berlebihan. Sebelum makan siang atau makan malam, kamu bisa saja memakan salad atau sup kaldu. 

Advertisements

5. Mengkonsumsi Gandum 

Saat kamu mengganti asupan biji bijian olahan dengan gandum, maka kamu sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dengan lebih cepat.

Dengan begitu nantinya kamu akan merasa lebih cepat kenyang sehingga secara tidak langsung akan berkurangnya porsi makanmu. Untuk asupan sehari hari kamu bisa saja memilih roti dan pasta gandum, beras merah, popcorn, dan biskuit gandum.

6. Memilih Bahan Makanan Sehat 

Dengan mengatur lingkungan sekitar kamu juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami tanpa harus diet. Kamu bisa memulainya dengan hanya menyimpan bahan bahan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan melakukan itu, kamu akan tehindar dari godaan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bernutrisi. 

7. Mengurangi Porsi Makan 

Dengan mengurangi porsi makan paling tidak sebanyak 10 hingga 20 % dipercaya menjadi cara menurunkan berat badan secara alami yang efektif. Percaya atau tidak, porsi makanan yang disediakan di restoran dan di rumah biasanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan kamu. 

8. Memperbanyak Jalan Kaki 

Untuk membantu menurunkan berat badan tanpa diet juga bisa dilakukan dengan 10.000 langkah setiap hari. Oleh karena itu setiap harinya lakukan apapun yang akan membuat kamu  bisa tetap aktif.

Sebagai contohnya kamu bisa saja jalan bolak balik saat menelepon, mengajak anjing berkeliling komplek setiap hari, ataupun jalan di tempat saat jeda iklan ditengah acara televisi yang sedang kamu tonton. 

9. Menambahan Protein Pada Makanan Dan Camilan 

Dengan menambahkan protein pada makanan dan camilan yang akan kamu konsumsi maka bisa membuatmu merasa lebih kenyang. Untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut kamu bisa saja mengkonsumsi yoghurt rendah lemak, kacang kacangan, dan juga telur.

Para ahli juga menyarankan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan, tetapi pastikan lebih sedikit porsinya dengan waktu setiap 3 hingga 4 jam. 

10. Memilih Makanan Alternatif 

Sebisa mungkin konsumsilah makanan yang rendah lemak seperti mulailah beralih ke topping rendah lemak untuk salad, sebagai olesan sandwich kamu bisa mengganti mayonase dengan mustard, ataupun mengganti kentang dengan ubi. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin menurunkan berat badan tanpa harus diet makanan. Semoga dari beberapa cara tersebut, cara yang Anda pilih ampuh dan bekerja dengan baik pada tubuh Anda ya!

Baca juga: Inilah Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Yang Harus Kamu Ketahui

Advertisements