Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Diet

0

Aldodokter.com – Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet.

Karena program diet yang sekarang ini dipercaya banyak orang dapat menurunkan berat badan secara drastis nyatanya hanya memunculkan rasa lapar dan efek sesaat bagi mereka yang menjalankannya.

Padahal ada cara terbaik untuk menurunkan berat badan secara permanen tanpa harus diet yaitu dengan mengurangi berat badan tersebut secara perlahan.

Banyaknya ahli yang berpendapat bahwa untuk menurunkan berat badan itu tidak perlu melakukan diet. Yang harus dilakukan adalah merubah gaya hidup. 

Berikut dibawah ini 10 cara menurunkan berat badan secara alami tanpa diet diantaranya yaitu : 

1. Sarapan Setiap Hari 

Salah satu kebiasaan yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh banyak orang didalam upayanya untuk mengurangi berat badan adalah dengan sarapan setiap hari. Seorang ahli mengatakan jika banyak orang yang salah kaprah tentang sarapan.

Kebanyakan orang menganggap dengan tidak sarapan maka akan dapat memangkas asupan kalori yang masuk kedalam tubuh.

Padahal didalam kenyataannya jika tidak sarapan, justru mereka akan lebih banyak makan sepanjang harinya. Cobalah untuk memulai hari harimu dengan mengkonsumsi semangkuk sereal dengan topping buah dan susu rendah lemak. 

2. Menutup Dapur Dimalam Hari  

Saat malam hari datang tetapkan waktu tersebut untuk kamu berhenti makan supaya terhindar dari kebiasaan ngemil. Untuk menggantikannya saat malam hari tiba kamu bisa minum teh, mengemut permen, ataupun memakan yoghurt.

Meski begitu kamu jangan lupa untuk menggosok gigi setelahnya. Dengan melakukan ini maka nantinya kamu akan terhindar dari mengkonsumsi makanan atau minuman manis lainnya. 

3. Mengurangi Minuman Berwarna 

Meski kandungan kalori didalam minuman berwarna tinggi, tetapi tidak dapat mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu saat merasa haus sebaiknya kamu mengkonsumsi air mineral, susu rendah lemak, ataupun jus buah asli.

Atau kamu juga bisa minum segelas jus sayuran yang bernutrisi dan rendah kalori untuk bisa mengurangi rasa lapar.

4. Memperbanyak Makan Sayuran 

Cobalah dari sekarang kamu mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Kamu harus merubah perbandingan sayuran dan daging yang biasa dikonsumsi. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan mengurangi konsumsi daging secara berlebihan. Sebelum makan siang atau makan malam, kamu bisa saja memakan salad atau sup kaldu. 

5. Mengkonsumsi Gandum 

Saat kamu mengganti asupan biji bijian olahan dengan gandum, maka kamu sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dengan lebih cepat.

Dengan begitu nantinya kamu akan merasa lebih cepat kenyang sehingga secara tidak langsung akan berkurangnya porsi makanmu. Untuk asupan sehari hari kamu bisa saja memilih roti dan pasta gandum, beras merah, popcorn, dan biskuit gandum.

6. Memilih Bahan Makanan Sehat 

Dengan mengatur lingkungan sekitar kamu juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami tanpa harus diet. Kamu bisa memulainya dengan hanya menyimpan bahan bahan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan melakukan itu, kamu akan tehindar dari godaan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bernutrisi. 

7. Mengurangi Porsi Makan 

Dengan mengurangi porsi makan paling tidak sebanyak 10 hingga 20 % dipercaya menjadi cara menurunkan berat badan secara alami yang efektif. Percaya atau tidak, porsi makanan yang disediakan di restoran dan di rumah biasanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan kamu. 

8. Memperbanyak Jalan Kaki 

Untuk membantu menurunkan berat badan tanpa diet juga bisa dilakukan dengan 10.000 langkah setiap hari. Oleh karena itu setiap harinya lakukan apapun yang akan membuat kamu  bisa tetap aktif.

Sebagai contohnya kamu bisa saja jalan bolak balik saat menelepon, mengajak anjing berkeliling komplek setiap hari, ataupun jalan di tempat saat jeda iklan ditengah acara televisi yang sedang kamu tonton. 

9. Menambahan Protein Pada Makanan Dan Camilan 

Dengan menambahkan protein pada makanan dan camilan yang akan kamu konsumsi maka bisa membuatmu merasa lebih kenyang. Untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut kamu bisa saja mengkonsumsi yoghurt rendah lemak, kacang kacangan, dan juga telur.

Para ahli juga menyarankan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan, tetapi pastikan lebih sedikit porsinya dengan waktu setiap 3 hingga 4 jam. 

10. Memilih Makanan Alternatif 

Sebisa mungkin konsumsilah makanan yang rendah lemak seperti mulailah beralih ke topping rendah lemak untuk salad, sebagai olesan sandwich kamu bisa mengganti mayonase dengan mustard, ataupun mengganti kentang dengan ubi. 

Memang memiliki tubuh ideal bisa membuat penampilan kamu menjadi lebih menarik dan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tetapi selain itu memiliki tubuh ideal juga akan memberi banyak keuntungan seperti:

Baca juga: Inilah Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Yang Harus Kamu Ketahui

Berat-badan

1. Dapat Menurunkan Resiko Diabetes

Saat kamu dinyatakan berhasil bisa menurunkan berat badan meski hanya sedikit, maka itu berarti kamu sudah menunda atau bahkan mencegah penyakit diabetes. 

2. Dapat Menurunkan Resiko Kanker Payudara 

Kelebihan berat badan ternyata bisa juga meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker payudara sebesar 30 hingga 60 %. Ternyata lemak perut juga sangat berbahaya karena bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara hingga 43 %. Dengan menjaga berat badan tetap ideal, maka kamu bisa menurunkan resiko kemungkinan dari terkena kanker payudara. 

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tanpa disadari adanya penyakit jantung yang dialami orang dengan indeks masa tubuh (BMI) lebih dari 25 cenderung menunjukkan adanya tanda tanda penumpukan plak awal di arteri mereka jika dibandingkan dengan orang orang yang memiliki berat badan ideal.

Seorang peneliti menyimpulkan meski orang orang ini kemungkinannya sehat secara metabolik saat penelitian, tetapi berat badan mereka memiliki konsekuensi yang negatif terhadap kesehatannya. 

4. Meningkatkan Kesuburan

Tubuh dengan BMI 20 – 24 ternyata bobot paling ideal untuk kesuburan. American Society for Reproduction menemukan jika 12 % kasus ketidaksuburan berkaitan dengan masalah berat badan, baik itu terlalu berlebihan atau malah kurang.

Pasalnya berat badan bisa mempengaruhi siklus menstruasi dan juga ovulasi. Sehingga jika bobot tubuhmu tidak ideal, maka kemungkinannya kamu akan mengalami gangguan kesuburan. 

5. Tidur Lebih Nyenyak 

Adanya lemak, terlebih lemak perut bisa mengganggu fungsi paru paru. Dimana paru akan bekerja lebih berat karena terhalang oleh lemak. Pastinya masalah pernapasan tersebut juga bisa menyebabkan gangguan tidur atau sleep anea yang bisa menurunkan kualitas tidurmu. 

6. Umur Lebih Panjang 

Tidak bisa dipungkiri jika orang dengan berat badan ideal memiliki resiko yang lebih rendah untuk terserang penyakit sehingga mereka bisa hidup lebih lama. Sebuah penelitian memperkirakan jika umur seseorang yang obesitas (dengan BMI 40 – 45) diperkirakan umurnya itu lebih pendek 10 tahun dari orang yang memiliki berat badan normal. 

Salah satu cara diet yang banyak dilakukan orang saat ingin menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Pasalnya makanan manis atau yang mengandung gula tinggi dapat dengan cepatnya meningkatkan berat badan.

Itulah cara menurunkan berat badan secara alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian ya. Selamat mencoba.

Baca juga: Berikut Ini Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami dan Aman

Leave A Reply

Your email address will not be published.