Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Menurunkan Asam Urat secara Alami

0

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Hampir seluruhnya mengatakan bahwa kesehatan adalah sangat mahal dan kesehatan sangat penting bagi seluruh manusia. Setiap individu pasti akan berlomba – lomba untuk memiliki hidup sehat. Namun seringkali ada saja penyakit yang menyerang ketika usia menginjak ke tahun yang lebih tua seperti salah satunya adalah asam urat.

Asam urat sendiri merupakan hasil sampingan dari penguraian komponen kimia yaitu purin, dimana purin ini tersedia di sel – sel tubuh kita serta dari makanan yang dikonsumsi. Purin sendiri sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan sebagai sumber energi serta protein untuk tubuh. Selain itu, asam urat juga berperan sebagai antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas dan menjaga agar sel – sel tubuh dapat tetap dalam keadaan baik dan tidak terikat dengan radikal bebas.

Asam urat diproduksi oleh ginjal dengan mengekskresi hasil metabolisme tersebut keluar dari tubuh dalam bentuk urin dan beberapa melalui feses. Tugas dari ginjal lah untuk mengatur kadar asam urat. Secara harafiah jika ginjal dapat bekerja efisien maka kadar asam urat terkategori normal namun jika ginjal tidak mampu mengontrol dan mempertahankan kadar asam urat normal maka hasilnya asam urat akan berlebih dalam darah dimana kadar asam urat ini dapat tinggi dikarenakan oleh ginjal yang tidak bekerja dengan baik dan juga dikarenakan produksi asam urat terlalu berlebih sehingga ginjal tak mampu mengolah hasil metabolism purin tersebut.

Asam urat yang tinggi dalam darah dapat mengakibatkan rasa pegal, bengkak, dan bahkan kekakuan pada otot sehingga dapat berasa sakit dan tidak nyaman. Jika asam urat tinggi maka perlu untuk diminimalisir atau diturunkan dengan banyak meminum air putih yaitu dua hingga tiga liter tiap harinya untuk membantu ginjal dalam bekerja memproses hasil metabolism purin dan dapat mengeluarkan asam urat melalui urin. Kedua dengan baking soda, baking soda dapat melarutkan kristal asam urat berlebih sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat berlebih. Baking soda tersebut dibuat dengan melarutkan setenga sendok makan baking soda dengan 230 ml air kemudian campuran tersebut diminum tiap pagi dan diminum setiap 2 sampai 4 jam tiap antar waktu makan hingga tubuh merasa lebih baik. Ketiga yang paling terpenting adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, dimana asam urat merupakan hasil metabolism purin, jika terdapat purin dalam jumlah banyak maka asam urat yang dihasilkan akan menjadi banyak dimana penderita asam urat harus menjalani diet rendah purin dan meminimalisir pengonsumsian makanan yang mengandung purin tinggi. Beberapa contoh makanan yang harus dihindari oleh para penderita asam urat yakni makanan yang mengandung purin dalam jumlah tinggi seperti daging merah dan berlemak, makanan laut seperti cumi, kepiting, udang, tetapi ikan laut diperbolehkan, jeroan, ungags, dan terpenting adalah mengurangi atau bahkan menghindari meminum minuman beralkohol seperti beer atau pun anggur karena dapat menjadi salah satu pemicu meningginya kandungan asam urat dalam darah.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.