Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita, Penting Banget Buat Diketahui!

1

AldoDokter.com – Kehadiran seorang bayi tentunya sangat diharapkan oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Untuk mendukung agar cepat hamil, pastinya kesuburan pria dan wanita pun ikut berperan. Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan ini terutama bagi wanita? Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang cara meningkatkan kesuburan wanita. Disimak yuk!

6 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam usaha meningkatkan kesuburan pada organ kewanitaan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cobalah Untuk Selalu Tetap Rileks

Cara yang pertama untuk meningkatkan kesuburan wanita adalah berusaha untuk tetap rileks/santai. Perlu diketahui bahwa sperma paling cepat berkembang di tempat yang dingin. Sehingga, pria yang sering meletakkan komputer atau laptop di pangkuannya, bisa mengurangi kesuburan.

Selain itu, pria juga perlu mengurangi terlalu sering mandi air panas. Dalam hal ini, ada sebuah studi yang menemukan bahwa mandi dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan produksi sperma lima kali lebih banyak. Hal ini juga bisa mempengaruhi pembuahan pada wanita. 

2. Selalu Aktif Bergerak Di Rumah

Menurut penelitian oleh University of North Carolina di Amerika Serikat, menyatakan bahwa seorang wanita yang terbiasa melakukan pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah atau berkebun bisa lebih cepat hamil. Karena aktivitas ini dipercaya dapat menghentikan produksi insulin yang dianggap membahayakan bagi perkembangan telur.

3. Sediakan Waktu Istirahat yang Cukup

Dalam hal ini, menurut konsultan Ginekolog Michael Dooley, “Stress dapat memiliki dampak besar pada kesuburan wanita. Hal ini juga dapat memperlambat produksi sperma laki-laki dan libido rendah.”

4. Perbanyak Mengonsumsi Susu

Cara berikutnya untuk meningkatkan kesuburan pada wanita adalah perbanyak mengonsumsi susu. Minumlah sedikitnya satu gelas susu setiap hari supaya bisa mengurangi risiko infertilitas. Karena menurut penelitian Harvard University di Amerika Serikat, lemak dari susu bisa membantu ovarium atau indung telur bekerja dengan baik. 

5. Karbohidrat Kompleks

Mungkin selama ini Anda hanya mengonsumsi produk padi-padian yang telah disuling maupun olahan seperti roti tawar putih untuk mendapatkan asupan karbohidrat. Namun sekarang Anda bisa coba menggantinya dengan produk atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti tawar, gandum maupun sereal biji-bijian utuh. Karena makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh ini memiliki nutrisi yang sangat penting untuk kesuburan seperti zat besi, antioksidan, dan vitamin B. Nah, nutrisi tersebut akan hilang pada karbohidrat olahan.

Selain itu, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Di mana peningkatan tersebut dapat mengganggu hormon reproduksi dan merusak siklus menstruasi.  

6. Lakukan Hubungan Intim Secara Teratur dan Pahami Siklus Haid

Dalam hal ini, disarankan frekuensi melakukan hubungan sex sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Karena jika terlalu sering atau terlalu jarang melakukan hubungan sex bisa berpengaruh pada kualitas sperma.

Selain itu, sebaiknya melakukan hubungan sex dimulai di hari ke sembilan siklus haid atau 14 hari sebelum haid hari pertama karena puncak masa subur. Sehingga pada masa ini, seseorang yang melakukan hubungan sex akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk hamil.

Jika Anda sudah melakukan hubungan sex selama satu tahun di masa subur dan berusia di bawah 35 tahun, dan belum mengalami kehamilan maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter karena dikhawatirkan Anda memiliki masalah kesehatan.

Itulah beberapa hal atau cara meningkatkan kesuburan wanita yang bisa dipraktekkan dan lebih diperhatikan sedari sekarang. Tak hanya dari pihak wanita, pihak pria juga wajib menerapkan hidup sehat karena keberhasilan kehamilan pada kandungan wanita juga membutuhkan faktor kualitas sperma yang baik.

Baca juga: Ini Dia Cara Merapatkan Miss V dengan Mudah

Leave A Reply

Your email address will not be published.