Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Inilah Cara Menyembuhkan Tipes

0

Penyakit tipes merupakan penyakit yang dapat menggangu aktivitas sehari – hari. Penyakit tipes ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi yaitu Salmonella typhi. Bakteri ini dapat menginfeksi dan hidup pada dalam usus dan infeksi ini menyebabkan terjadinya demam. Gejala awal dari penderita tipes ini adalah terjadi demam pada malam atau pun pagi hari. Kemudian waktu – waktu lain dimungkinkan akan terlihat sehat dan dapat menjalankan aktivitas seperti biasa namun tidak terlihat gejala terjadi tipes. Penyakit tipes ini dapat terdeteksi dengan dilakukan pengujian darah, urin, mau pun pada feses. Penyembuhan tipes dapat dilakukan di rumah untuk tingkatan gejala atau pun tipes yang terkategori tidak parah namun jika semakin memburuk maka harus di opname di rumah sakit. Beberapa langkah untuk penyembuhan tipes dengan cara yang sederhana.

Pertama dengan meminum obat antibiotic. Seperti diketahui tipes dikarenakan bakteri maka dibutuhkan anti bakteri yakni anti biotik. Beberapa jenis antibiotic ini dapat memusnahkan bakteri dan menyembuhkan tipes. Beberapa pemberian antibiotic oleh dokter pada penderita tipes ini seperti chloramphenicol atau chloromycetin. Antibiotic ini dapat melawan atau mencegah pertumbuhan bakteri salmonella typhi yang menjadi penyebab tipes. Antibiotic jenis ini dapat diberikan untuk penderita tahap awal dimana gejala penderita tahap awal ini merupakan diare, mual, dan juga sakit perut. Penurunan suhu juga seringkali di perhatikan oleh dokter. Kedua adalah amoxicillin atau biomox, amoxil, dan trimox. Antibiotic ini merupakan antibiotic jenis umum yang dapat mencegah dan mematikan pertumbuh bakteri salmonella typhi yang menjadi penyebab tipes. Antibiotic jenis ini dapat diberikan untuk penderita tahap menengah dimana gejala penderita tahap awal ini merupakan diare, mual, dan juga sakit perut diikuti penurunan suhu yang cepat dan pemberian antibiotic ini dilakukan selama 14 hari dengan dosis yang sesuai. Selanjutnya cipro atau ciprofloxacin. Antibiotic ini bekerja dnegan menyerang bakteri penyebab tipes yaitu salmonella typhii dan dihambat pertumbuhannya oleh bakteri hingga mati. Pemberian antibiotic atau masa penyembuhan ini dilakukan selama tiga hari secara terus menerus hingga gejala dan tanda – tanda penyakit tipes menghilang atau berkurang. Antibiotik ini tidak disarankan untuk anak – anak, ibu hamil, dan juga ibu menyusui dikarenakan kandungannya yang cukup kuat dan keras.

Selain pemberian obat, cukup istirahat merupakan cara – cara untuk menyembuhkan penyakit tipes ini. Tidur tepat waktu serta makan tepat waktu dapat membantu menyembuhkan penyakit tipes ini. Pemberian obat dan kinerja obat akan lebih efisien dengan waktu istirahat yang cukup. Kemudian wajib mengonsumsi makanan halus, agar memudahkan mengonsumsi dan mencerna makanan maka disarankan penderita memakan makanan yang halus seperti bubur nasi merah, sayuran, dan lainnya. Makanan halus dapat memudahkan usus yang diinfeksi tetap dapat bekerja dengan baik dan tidak menyakiti bagian usus.

Pengonsumsian yang lebih sering juga akan disarankan dikarenakan nutrisi atau komponen pada makanan tersebut dapat membantu mencegah agar bakteri tidak tumbuh dan berkembang serta nutrisi atau komponen pada pangan dapat meningkatkan tingkat sistem imunitas tubuh. Kuatnya imunitas tubuh akan menghambat dan mencegah terjadinya penyakit tipes.

Leave A Reply

Your email address will not be published.