Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Tips Menjaga Kesehatan Telinga Agar Berfungsi dengan Baik

3

Panca indera yang dimiliki tubuh manusia terdiri dari mata, hidung, mulut, telinga dan kulit. Telinga merupakan indera yang berfungsi untuk mendengar. Semakin bertambahnya usia, kemampuan mendengar manusia semakin menurun. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan teiinga sejak dini agar dapat berfungsi dengan baik meski sudah berusia lanjut. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga Anda.

1. Hindari telinga Anda dari volume suara yang terlalu keras

Telinga manusia memiliki kemampuan mendengar dengan kapasitas yang terbatas. Tak semua suara masuk dalam kategori aman untuk didengar oleh telinga. Jika volume suara terlalu keras, telinga Anda bisa mudah rusak dan menjadikan kemampuan mendengarnya berkurang, Suara dengan volume yang terlalu keras bisa ditimbulkan dri suara musik, suara bising di lingkungan kerja dan lainnya. Untuk menjaga telinga tetap sehat, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti mengatur volume suara musik yang Anda dengar agar tidak terlalu keras.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Apabila Anda menggunakan headphone saat mendengarkan musik hingga tak dapat emndengar suara orang lain, maka volume yang Anda gunakan terlalu keras. Begitu juga dengan adanya dua sumber suara yang begitu keras dalam satu waktu. Lambat laun, teinga Anda akan mudah rusak dan terganggu dengan dua suara yang terlalu keras. Sebaiknya matikan salah satu sumber suara atau hindari. Kemudian jika Anda berada di lingkungan kerja yang menciptakan suara begitu bising hingga megganggu telinga, Anda dianjurkan untuk menggunakan pelindung telinga.   

2. Membersihkan telinga dengan benar

Tahukah Anda rupanya membersihkan telinga menggunakan cotton bad bukanlah pilihan yang baik? Penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga malah beresiko mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam, bahkan dapat beresiko merupakan organ sensitif seperti gendang telinga yang terdapat di dalam telinga.

Telinga rupanya memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Telinga memiliki cairan seperti lilin yang memiliki fungsi mencegah kotoran seperti debu atau partikel lainnya yang berbahaya. Jadi Anda tak perlu membersihkannya bahkan hingga ke dalam liang telinga. Jika, lilin ini berlebihan hingga keluar telinga, maka Anda cukup membersihkannya dengan mengelap dengan handuk. Anda juga bisa memeriksakan telinga Anda secara rutin ke dokter THT untuk membersihkan telinag menggunaan alat khusus.

3. Menjaga Telinga tetap kering

Telinga yag lembab atau sering basah, memudahkan bakteri bersarang di dalam telinga. Telinga bisa mengalami infeksi yang disebut swimmer’s ear atau otitis ekstera. Infeksi ini terdapat pada telinga bagian luar sebab air terjebak di saluran telinga. Bakteripun terperangkap dan bersarang di sana.

Telinga jadi iritasi dan mengalami infeksi. Maka jaga selalu telinga Anda dalam keadaan kering agar tidak mudah dimasuki bakteri. Apabila Anda memiliki hobi berenang, Anda bisa menggunakan penyumbat telinga agar mencegah air masuk dalam telinga. Jika air sudah kadung masuk dalam telinga, miringkan kepala Anda sembari menarik cuping telinga sehingga air segera keluar. Kemudian, keringkan telinga yang basah dengan handuk kering setelah telinga berinteraksi dengan air.

4. Periksa telinga secara rutin ke dokter

Saat usia Anda mulai lanjut, fungsi telinga mulai menurun. Pendengaran mengalami gangguan secara bertahap maka dari itu Anda perlu untuk memeriksa kondisi telinga Anda ke dokter secara berkala ke dokter. Lakukan tes awal pendengaran untuk mengukur tindakan apa yang akan diambil untuk kesehatan telinga Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.