Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Tips Memilih Sepatu Anak yang Tepat Dibawah Usia 10 Tahun

1

Kaki merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam mendukung proses perkembangan balita untuk latihan berjalan, pada saat anak mulai proses untuk berjalan. Pada saat berjalan, tentunya kaki anak menanggung beban terberat. Maka dari itu penggunaan sepatu yang tepat tepat pada masa ini sangatlah penting. Karena sepatu yang tepat bisa membantu perkembangan tulang serta otot kaki anak, sedangkan sepatu yang salah atau tidak tepat justru akan membuat pertumbuhan kaki anak menjadi terhambat. Dalam hal ini sah-sah saja anda memilih sepatu yang lucu, unik, dan menarik, namun kenyamanan dan keamanan juga harus anda perhatikan. Nah, untuk itu dalam kesempatan kali ini akan memberikan tips memilih sepatu anak yang tepat dibawah usia 10 tahun sebagai berikut :

  1. Ukuran

Dalam hal ini sepatu tidak boleh longgar juga tidak sempit. Karena tulang kaki anak belum terbentuk secara sempurna hingga berusia 6 tahun. Tulang kakinya masih muda dan lunak, serta otot-otot dan jaringan ikat di kaki juga masih mudah memuai. Sehingga, jika sepatu yang digunakan kekecilan bisa merusak pertumbuhan kakinya, begitupun kalau menggunakan sepatu yang kebesaran. Oleh karena itu, jika anda akan membelikan sepatu buat anak, tekan ujung sepatu untuk mengetahui apakah ada sisa ruang di depan jarinya. Lalu minta anak anda untuk menggerakan ujung kakinya. Kalau ujung kaki anak masih bisa digerakkan, itu tandanya sepatu tersebut cukup aman untuk digunakan oleh anak anda.

tips memilih sepatu anak

  1. Ganti Seiring Pertumbuhan Kaki Anak

Perlu anda ketahui, bahwa kaki anak itu tumbuh sangat cepat. Sehingga selama tumbuh kembang tersebut, ukuran sepatu anak bisa berubah 34 kali sampai dia berusia 10 tahun. Sedikitnya 6 bulan sekali ukuran kaki anak akan berubah. Untuk itu, idealnya 3 kali setahun anda harus mengganti sepatu anak anda. Dan hindari memberikan sepatu kepada buah hati anda yang merupakan warisan dari kakaknya atau siapa saja, karena setiap anak itu memiliki pola telapak kaki yang sangat berbeda.

  1. Pilih Sepatu Berkualitas Baik

Sepatu yang berkualitas baik harus menjadi prioritas dalam memberikan sepatu bagi anak anda. Untuk itu pilihlah sepatu dari bahan yang kuat, tidak terlalu tipis, ringan, memiliki sol yang empuk serta bertekstur supaya tidak licin pada saat digunakan untuk berjalan. Selain itu pilih sepatu yang berbahan berpori sehingga bisa menyerap keringat, dan penyangga telapak kaki tersangga dengan baik. Perlu anda perhatikan, bahwa sepatu yang berkualitas jelek tidak bisa memberikan topangan pada telapak kaki dengan baik, bahkan tidak jarang bahan sepatu berkualitas jelek tersebut bisa membuat kulit kaki anak melepuh dan kemerahan, yang akhirnya bisa menimbulkan trauma pada kakinya.

  1. Beli Pada Malam Hari

Perlu diingat bahwa ukuran kaki bisa berubah dalam satu hari dan akan mengalami ukuran terbesar pada malam hari. Oleh sebab itu, jika anda akan membeli sepatu buat anak maka sebaiknya membeli pada malam hari. Dan selalu coba pada kedua kakinya, karena tidak ada ukuran telapak kaki yang sama persis, walaupun perbedaan ini sangat kecil. Pada saat mencoba, suruh anak untuk berjalan beberapa langkah, lalu tanyakan kepadanya apakah kulit kakinya terasa nyaman atau tidak.

Itulah beberapa tips yang harus anda ketahui dalam memilih sepatu untuk anak usia 10 tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.