Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Tips Memilih Mainan Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun

1

Perlu anda ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga aktivitas bermain merupakan hal yang sangat penting bagi mereka. Dan ternyata bermain bersama teman sebaya itu secara tidak langsung bisa menjadi aktivitas dalam melatih anak supaya bisa bersosialisasi serta bisa mengembangkan daya pikir anak sehingga anak bisa berkembang secara kreatif. Selain itu juga dengan bermain akan memberikan dampak yang positif terutama bagi kesehatan anak selama dilakukan secara proporsional dan selalu diawasi. Karena dengan bermain secara proporsional seperti lompat tali, naik sepeda, sepak bola, bahkan hanya kejar-kejaran itu semua bisa membuat motorik anak terlatih dan berkembang.

Bahkan fisik anak pun akan menjadi semakin bugar dan sehat, sehingga anak menjadi lebih ceria. Pada saat bermain, biasanya anak menggunakan alat-alat bermain seperti boneka kalau anak perempuan, atau robot-robotan maupun mobil-mobilan jika anak laki-laki. Terlepas dari semua itu, tahukah anda ciri-ciri mainan anak laki-laki usia 5 tahun yang cocok untuk perkembangannya?

mainan anak laki laki usia 5 tahun

Nah untuk itu dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang tips memilih mainan anak laki-laki usia 5 tahun yang sangat cocok untuk mendukung perkembangannya sebagai berikut :

  1. Yang pertama adalah aman bagi anak, pada umumnya mainan anak-anak itu telah dirancang sesuai dengan usianya serta didesain dalam berbagai bentuk yang terbuat dari bermacam-macam material. Untuk itu bahan-bahan mainan anak sebaiknya mendapatkan perhatian yang lebih pada saat anda akan membelikan mainan bagi anak, karena hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan anak. Pastikan mainan yang and pilih itu memiliki label “food grade” sebagai indikator keamanan, dan hindari mainan yang mengandung bahan berbahaya seperti PVC, kadmium, arsenic, phthalate, dan merkuri yang sangat berbahaya bagi anak.
  2. Ciri kedua adalah menstimulus kreativitas dan imajinasi anak, perlu anda ketahui bahwa masa anak-anak ini kreativitas serta imajinasinya berkembang dengan pesat sehingga anda harus memilih mainan yang bisa menstimulus serta mendukungnya. Untuk pilihlah mainan yang bisa merangsang sel-sel motorik dan sensoriknya sehingga anak tidak hanya sekedar bermain saja namun bisa  sambil belajar.
  3. Ciri yang ketiga adalah bisa merangsang keingintahuan dan pikiran anak, anak biasanya selalu ingin tahu serta menganggap hal-hal yang ada di sekitarnya sebagai sesuatu yang baru. Oleh karena itu dalam memilih mainan bagi anak, sebaiknya memilih mainan yang bisa merangsang rasa ingin tahu dan mengembangkan pola pikir pada anak.

Mungkin itu saja informasi yang bisa disampaikan untuk kali ini semoga bermanfaat, terutama bagi anda sebagai orang tua yang akan membelikan mainan bagi anaknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.