Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Tiga Tips Menjaga Kesehatan Hidung

2

Bernafas menjadi kebutuhan vital, sebab makhluk hidup tak bisa hidup tanpa itu. Organ tubuh yang berfungsi untuk bernafas adalah hidung. Menjaga kesehatan hidung sangatlah penting, sebab jika terjadi masalah pada hidung aktivitas menghirup oksigen menuju paru-paru jadi terganggu. Hidung juga tak dapat digunakan untuk membaui aroma di sekitarnya. Padahal hidung merupakan organ tubuh yang berinteraksi langsung dengan lingkungan luar.

Adapun fungsi hidung selain untuk bernafas juga berguna untuk mencium berbagai aroma, sebagai penghangat, pembersih serta pelembab udara yang dihirup manusia ketika masuk ke dalam paru-paru. Untuk melakukan fungsi tersebut, hidung dilengkapi dengan bulu hidung, lubang hidung, sel saraf pembau, rongga hidung, tulang rawan, sinus, saluran penghubung dengan tenggorokan serta septum. Bagian-bagian tersebut tentu saja berperan dalam berbagai fungsi pada hidung.

Lubang hidung hidung sebagai pintu masuk udara yang berguna mencegah kotoran besar masuk ke dalam hidung dan juga berperan menghasilkan lendir. Kemudian rongga hidung berperan sebagai indera penciuman. Bulu hidung berfungsi menyaring kotoran yang terdapat pada udara yang Anda hirup. Sinus berfungsi memperbesar suara serta melembabkan udara yang dihirup. Septum merupakan pemisah antara dua rongga hidung serta saluran penghubung antara hidung dan tenggorokan yang berfungsi seagai penghubung antara hidung dan tenggorokan.

Melihat begitu pentingnya fungsi hidung dengan bagian-bagian yang dimilikinya, Anda perlu merawat hidung dengan benar agar tetap sehat. Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan indera penciuman ini. Bagi kamu yang ingin selalu sehat, lemon juga bisa membantumu lho! Manfaat lemon bagi kesehatan memang tidak usah diragukan lagi!

1. Melindungi hidung ketika melakukan aktifitas

Ketika Anda sedang berkendara dengan sepeda motor di jalan, polusi kendaraan dan juga debu di jalan bertebaran kemana-mana. Kondisi ini selain kotor juga membuat hidung menghirup udara yang kotor dan bahkan bisa saja zat berbahaya. Begitu juga ketika Nada tengah membersihkan rumah sehingga bergumul dengan banyak debu. Kondisi seperti iu, membutuhkan perlindungan untuk hidung yaitu dengan menggunakan masker. Penggunaan masker setidaknya mampu mencegah atau mengurangi kotoran atau polusi yang masuk ke hidung.

2. Membersihkan hidung secara rutin

Setelah seharian melakukan aktifitas, kulit pada permukaan hidung tentu banyak ditempeli debu dan kotoran. Bersihkanlah hidung bagian luar etrsebut miimal satu kali sehari, setalah aktifitas apalagi jika Anda menggunakan make up. Gunakan pembersih wajah khusus untuk menyapu kotoran, kemudian dilanjut dengan mencuci wajah dengan sabun pembersih khusus yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Pada bagian  hidung, gosoklah dengan lembut. Hidung yang sering dibersihkan dapat terhindar dari jerawat dan komedo yang seringkali menumpuk di bagian hidung.

3. Meningkatkan udara bersih di lingkungan sekitar

Saat ini, udara seringkali tercemar dengan berbagai polusi mulai dari asap pabrik, asap kendaraan dan lainnya, apalagi di daerah perkotaan. Udara yang Anda hirup pun menjadi tidak bersih. Namun, Anda masih dapat meningkatkan kualitas udara bersih di lingkungan Anda yaitu dengan melakukan tindakan go green pada lingkungan sekitar. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu menanam tanaman hijau di halaman rumah agar mampu menyerap polusi udara dan menggantinya dengan udara bersih, menggunakan filter udara di lubang ventilasi, rajin menyapu, mengelap, mengepel rumah untuk menghilangkan berbagai debu, rutin mengganti sprei kasur, bantal dan juga guling.

Nah itu tadi 3 tips penting yang berguna untuk merawat kesehatan hidung Anda. Hidung sebagai indra penciuman harus dirawat dengan baik tentunya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.