Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Tiga Jenis Makanan yang Baik untuk penderita Stroke

0

Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan sebagian atau seluruh bagian tubuh Anda mengalami kaku sehingga sulit bergerak. Hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang tentu saja. Umumnya stroke banyak diderita oleh para lanjut usia. Namun, selalu ada jalan untuk yang memiliki keinginan untuk sembuh. Selain melakukan terapi untuk penderita stroke, perhatikan pula makanan yang perlu dihindari penderita stroe agar cepat sembuh. Selain mengurangi resiko sakit yang semakin prah, hal ini juga untuk mempercepat penyembuhan. Makanan sehat yang dikonsumsi penderita stroke adalah jenis makanan yang mengandung banyak serat serta mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah.

Terjadinya stroke ditandai dengan airan darah dari jantung ke otak yang terputus. Hal ini dapat mengakibatkan otak mengalami kematian sesaat sebab semua sel di dalam otak tidak dapat berfungsi.   Otak juga kekurangan oksigen serta kadar gula sehingg dapat menyebabkan kematian. Tak jarang banyak orang menderita stroke yang kehilangan daya ingatnya serta kemampuan fisik lainnya. Maka untuk mewaspadai penyakit stroke, Anda perlu mengenali tanda-tanda/ gejala stroke yaitu penderita mengalami kelemahan pada bagian kaki, wajah dan juga lengan.

Baca Juga: Sayuran goreng baik atau tidak untuk kesehatan?

Beberapa penderita juga mengalami mati rasa di sebagian anggota tubuh. Pederita stroke juga kehilangan kemampuannya untuk melihat dengan satu atau dua matanya, kesulitan berbicara/berkomunikasi, mengalami sakit kepala yang begitu parah serta keseimbangan tubuh yang tidak stabil sehingga penderita stroke sering mengalami jatuh.

Untuk penyembuhan, umumnya dilakukan terapi fisik agar sistem kerja otot kembali normal. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita stroke.

1. Makan Roti Gandum

Di Indonesia, roti gandum mungkin tidak begitu populer. Padahal rasanya juga lezat dan baik untuk kesehatan penderita stroke sebab sanggup memenuhi nutrisinya. Roti gandu mengandung asam folat, omega 3, karbohidrat, serat, protein dan vitamin E. Kandungan omega 3 mampu menurukan koleksterol dalam darah dan juga berperan meningkatkan regenerasi sel-sel otak.

2. Makan buah pepaya

Untuk jenis buah, penderita stroke sebaiknya banyak makan pepaya. Buah manis ini tidak mengandung kolesterol dan kalorinya rendah yaitu 38 kalori/100 gram nya, sehingga baik untuk penderita stroke. Pepaya mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin A, vitamin C, flavonoid, betakaroten, vitamin B kompleks dan lutein. Semua kandungan nutrisi tersebut baik untuk penderita stroke mulai dari B komplkes berperan dalam proses metabolisme serta kalium yang berperan mengatur detak jantung.

3. Makan Oatmeal

Oatmel merupakan makanan olahan dari biji gandum. Dalam satu cangkir oatmel, terkandung 6 gram protein. Nutrisi lainnya yang dimiliki oatmeal yaitu kalori, protein dan juga lemak. Oatmeal dapat berperan dalam pengganti nasi putih sebab karbohidrat kompleks dan serat yang terkandung didalamnya mudah dicerna. Adanya serat pada oatmel berperan dalam proses penyerapan kolesterol dalam darah serta mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, nutrisi lainnya pada oatmeal berguna untuk memasok energi pada tubuh, membantu vitamin C terserap dengan baik serta memperbaiki jaringan sel.

Nah itu tadi tiga jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita stroke. Anda bisa memasukannya dalam menu harian sehingga asupana makanan sehatnya lebih terjaga. Pengolahan makanan juga penting untuk diperhatikan. Sebaiknya hindari maknaan yang diolah dengan digoreng, dengan kandungan pemanis buatan, makanan yang dibakar serta makanan yang emngandung lemak jahat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.