Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Pola Makan Sehat 4J untuk Penderita Diabetes

0

Image result for ilustrasi sakit diabetes

Apakah saudara Anda ada yang terkena penyakit diabetes? Penyakit ini memberikan dampak kesehatan yang kurang baik seperti kelelahan, mudah pusing, gagal ginjal, kerusakan saraf dan lainnya. Diabetes terjadi akibat peningkatan kadar gula dalam darah. Hal ini dapat disebabkan karena penderita memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, sehingga gula darahnya meningkat drastis. Maka apabila sudah terkena penyakit diabetes, menjaga pola makan yang sehat adalah jalan satu-satunya untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Pola makan yang sehat untuk penderita diabetes dengan cara menerapkan 4 cara makan sehat yang disingkat 4J yaitu memilih jenis makanan yang tepat, mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi penderita dibaetes, mengubah jadwal makannya dan bagaimana menerapkan jurus memasak yang tepat.   

Pertama yaitu memilih jenis makanan yang tepat. Makanan yang dipilih untuk penderita diabetes yaitu mampu meningkatkan produktivitas pankreas hal ini bertujuan untuk memproduksi insulid dalam jumlah banyak. Makanan yang dipilih juga harus mampu meningkatkan kesehatan sel otot sehingga insulin tidak kaku. Pilihlah makanan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah, kentang, roti gandum, nasi hitam, pir, anggur, apel dan kentang. Jangan membuang kuit buah-buahan tersebut agar Anda bisa mendapat  sumber serat terbaik dan kadar gula dalam darah terkontrol dengan baik.

Setelah memilihkan jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes, selanjutnya penting untuk mengatur jumlah makanan yang tepat. Seseorang yang memiliki aktivitas tinggi, maka membutuhkan kalori yang banyak dibadingkan seseorang yang tak melakukan apa-apa. Jumlah makanan yang Anda makan, harus seimbang dengan kalori yang dikeluarkan saat beraktivitas. Namun, jumlah makanan juga perlu dibatasi. Terlalu banyak makan dapat mengakibatkan sel lemak aktif sehinnnga dapat memicu terjadinya penyakit diabtes atau penyakit yang lainnya mulai dari hipertensi atau sel kanker hati.

Yang ketiga adalah Anda perlu mengubah jadwal makan. Jika Anda sehat, makan tiga kali sehari adalah cukup, sedangkan Anda yang menderita diabetes perlu menerapkan jadwal makan hingga lima kali dalam sehari deengan dosis yang tidak banyak. Jumlah makanannya sedikit namun, makan lebih sering. Buah dan sayuran adalah makanan yang wajib diperbanyak untuk asupan serat penderita diabeter. Jumlahnya kira-kira 25 sampai 30 gram per harinya untuk memnuhi asupan serat penderita diabetes.

Kemudian yang etrakhir adalah menerapkan jurus masak yang benar. Penderita diabetes tak bisa makan sembarangan. Sebab kadar gulanya bisa meningkat pesat. Maka dalam penerapan cara memasakpun juga penting untuk diperhatikan. Kurangi makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Cara masak terbaik yaitu dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Jika Anda ingin memanggang makanan, maka cara terbaik dengan menggunakan teflon dan jangan menggunakan minyak. Anda bisa menambahkan olive oil sebagai penambah cita rasa. Namun, jangan gunakan olive oil un k memasak, sebab mudah rusak pada suhu yang tinggi.

Nah, itu tadi empat cara menjaga pola makan yang sehat dengan cara 4 J. Selain bersikukuh menjaga pola makan yang sehat, imbangi pula dengan olahraga dan juga pengobatan yang tepat sehingga kadar ula dalam darah mudah terkontrol. Hal ini dapat menjadikan resiko komplikasi diabetes semakin rendah. Jika Anda bisa mematuhi pola makan yang sehat dan berkeinginan untuk cepat sembuh, Anda bisa melakukakannya. Selamat mencoba dan lekas sembuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.