Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Menjaga Kesehatan Ginjal

1

Pola hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu komponen yang harus dijaga kesehatannya adalah organ ginjal. Ginjal ini memang memiliki ukuran kecil yaitu sebesar biji kacang merah namun memilki peran penting dalam tubuh terutama pada proses ekskresi. Ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menyaring urin yang akan dikeluarkan dari tubuh. Ginjal perlu dijaga kesehatannya. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal ini dapat dilakukan.

Pertama, berolah raga. Olah raga memang sangat perlu dilakukan. Olah raga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh baik oleh kalangan anak – anak mau pun kalangan dewasa. Olah raga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mulai dari olah raga berkelompok maupun individu sendiri dalam jangka waktu tertentu. Olah raga menawarkan berbagai kategori dari yang membutuhkan untuk mengeluarkan biaya sampai hal sederhana yang mudah, murah, dan menyehatkan. Dengan berolahraga kesehatan ginjal dapat lebih terjaga. Contoh olah raga yang dapat dilakukan seperti jogging maupun bersepeda.

Kedua menjaga pola makan. Pola makan ini lah yang menjadi salah satu penilaian komponen dari pola hidup yang memilki peran penting. Pola makan yang disarankan adalah 3 kali makan besar atau makan utama dalam sehari dengan cemilan atau kudapan 2 kali di setiap sela makan. Pola makan 3 kali sehari meliputi makan pagi atau sarapan, makan siang atau makan utama, dan makan sore atau malam sebagai penutup. Dimana setiap sela waktu tiap jam makan disarankan memiliki kudapan atau camilan. Pola makan ini juga berhubungan penting dengan menjaga kesehatan ginjal. Dengan mengonsumsi makanan – makanan bergizi dan bernutrisi dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gula harus dihindari dan memperbanyak konsumsi buah serta sayuran dikarenakan sayuran dan buah dapat secara efektif dan efisien menjaga kesehatan ginjal.  Kadar gula pada tubuh juga harus diatur. Salah satu yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada ginjal adalah karena adanya kadar gula yang tinggi pada tubuh seperti pada penyakit diabetes. Pada penderita diabetes seringkali memiliki gangguan pada ginjalnya sehingga diperlukan untuk menjaga kadar gula pada tubuh.

Selain mengurangi konsumsi gula dan menjaga gula darah tubuh, pengonsumsian sayuran secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dikarenakan komponen – komponen nutrisi yang terkandung seperti kubis, kembang kol, wortel, dan lainnya yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Kemudian disisi lain dengan rutin konsumsi air putih dapat menjaga kesehatan ginjal dan memiliki hubungan dengan sistem ekskresi yakni ginjal. Konsumsi air putih sangat penting untuk tubuh dan mendukung proses metabolism tubuh serta menjaga kesehatan ginjal. Penerapan pola hidup sehat juga dapat menjadikan sebagai salah satu langkah dalam menjaga kesehatan ginjal.

Penjagaan berat badan ideal juga dapat membantu proses menjaga kesehatan ginjal dimana berat badan menjadi salah satu faktor yang dimungkinkan dapat menggangu fungsi atau kesehatan ginjal sehingga diperlukan mengontrol berat badan sehingga ginjal tidak terjadi tekanan dan tidak kesulitan memproses urin yang diakibatkan oleh lemak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.