Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Konsumsi 6 Makanan Sehat ini untuk Melawan Flu dan Pilek

1

Sehabis kehujanan di jalan atau cuaca udara yang begitu dingin, seseorang bisa mudah terserang pilek. Hal tersebut dapat ditandai dengan hidung yang mulai berair, gatal pada tenggorokanserta hidung tersumbat. Namun Anda bisa mengambil lamgkah cepat untuk menghindari flu dan pilek melanda.Tingkatkan sitem kekebalan tubuh dan tumpas kuman penyebab pilek sebelum melanda semakin parah. Bagaimana caranya? Konsumsi makanan tertentu yang dapat berguna untuk melawan flu dan pilek yaitu sebagai berikut.

1. Konsumsi madu

Saat Anda merasa sakit pada tenggorokan, biasanya ibu memberikan sesendok madu untuk meredakan nyerinya. Hal ini rupanya sesuai dengan penelitian yang menyebutkan bahwa madu mampu menyembuhkan iritasi dan mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan. Madu bahkan lebih efektif melawan batuk dibandingkan mengkonsumsi obat batuk. Namun untuk anak usia <12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu sebab bisa beresiko terkena infant botulism.

2. Konsumsi bawang putih

Bawang putih disebut sebagai bahan makanan yang kaya antioksidan serta memiliki zat antivirus yang mampu memperpendek durasi sakit dan mencegah terjadinya flu dan pilek. Hal tersebut dikarenakan adanya senyawa minyak aliicin yang ampuh mencegah terjadinya flu da pilek. Mungkin Anda tak menyukai konsumsi bawang putih secara langsung. Namun kini Anda tak perlu khawatir sebab bawang putih banyak diolah dalam bentuk suplemen serbuk, minyak dan juga ekstrak bawang putih dengan kemampuan menyembuhkan flu dan pilek yang sama. Untuk bawang utih utuh, Anda bisa mengkonsumsinya satu sampai dua siung bawang putih setiap harinya.

3. Makan Sup ayam

Bagaimana dengan obat yang enak untuk menyembuhkan flu dan pilek? Penelitian media menyebutkan makan sup ayam mampu meredakan flu dan pilek yang Anda alami. Meski terdengar klise, namun hal ini adalah fakta. Adanya berbagai sayuran dalam sup dan juga ayam serta kaldunya mampu mencairkan lendir sehingga ras amampet di dada, hidung dan juga tenggorokan Anda reda. Apalagi jika sup ayam yang Anda makan ditambah mie dan sayur lainya. Kandungan karbohidrat pada mie mampu menambah energi dan sayuran mengandung nutrisi sehingga sistem kekebalan tubuh Anda meningkat.

4. Konsumsi Stroberi, tomat dan jeruk

Menurut beberapa studi, vitamin C dipercaya mampu mencegah gejala flu dan pilek. Meskipun belum ada persetujuan bersama dari para ahli nutrisi, namun sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi sayur dan buah kaya vitain C setiap hari, maka sistem kekebalan tubuh Anda semakin terbangun dengan baik. Dapatkan vitamin C dari makanan yang Anda makan, bukan dari sumplemen vitamin C. Makanan yang kaya akan vitamin C yaitu tomat, jeruk, stroberi dan masih banyak lagi.

5. Konsumsi teh hijau

Ketika Anda merasa flu dan pilek, konsumsi teh hijau rupanya juga mampu meredakan resiko tersebut. Teh hijau mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda sehingga mampu melawan virus dan bakteri di dalam tububh penyebab pilek dan flu. Cukup konsumsi satu cangkir teh hijau setiap hari untuk mendapatkan manfaat baik untuk tubuh.

6. Mengkonsumsi Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak mengandung zat besi, zinc dan juga mineral yang baik untuk mencegah infeksi. Zat besi berguna untuk membangun sistem kekebala tubuh semakin baik. Maka ketika Anda flu atau pilek, banyak mengkonsumsi daging tanpa lemak dapat mempercepat proses penyembuhan. Daging merah tanpa lemak, ikan, kerang atau daging unggas dapat membantu melawan kuman penyebab flu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.