Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Hipotensi

1

Jika Anda merasa kesulitan berkonsentrasi dan sering merasa pusing, bisa jadi Anda memiliki tekanan darah rendah. Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan kondisi dimana tekanan dari yang Anda miliki kurang dari 90/60 mmHg. Memiliki tekanan darah yang rendah menyebabkan aliran darah ke seluruh organ tubuh tidak mencukupi, maka gejala yang Anda rasakan yaitu lelah hingga mual, konsentrasi menurun, mata berkunang-kunang, pandangan berkurang  serta pusing. Penderita darah rendah sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mampu membantu tekanan darah jadi meningkat. Jenis makanan yang dianjurkan yaitu yang mengandung sodium dan natrium.

Makanan yang mengandung natrium dapat dengan mudah Anda temukan seperti makanan siap saji, atau makanan kemasan yang mengandung garam tinggi. Namun tak baik untuk kesehatan sebab juga memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang banyak. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita hipotensi agar tekanan darahnya meningkat.

1. Perbanyak minum air putih

Tekanan darah rendah yang Anda miliki salah satunya disebabkan oleh kondisi dehidrasi. Kurangnya cairan di dalam tubuh menjadikan volume darah juga turun, sehingga tekanan darahpun menurun. Banyak minum air putih minimal 8-10 gelas setiap harinya atau 2 liter per hari. Penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, sebaiknya hindari minum alkohol sebab mampu menurunkan tekanan darah serta memicu adanya dehidrasi.

2. Menambah asupan garam dalam setiap masakan

Makana yang mengandung sodium tinggi baik untuk penderita tekanan darah rendah. Maka Anda bisa menambah taburan garam dalam setiap masakan untuk memenuhi kebutuhan sodium dalam tubuh. Namun ada juga yang tidak suka dengan menambah taburan garam, maka Anda bisa menggantinya dengan konsumsi buah zaitun atau ikan asap yang juga memiliki kandungan sodium tinggi. Dalam masakan, Anda bisa mengganti garam dengan kecap asin. Namun Anda juga perlu membatasi konsumsi sodium yaitu tidak lebih dari 1500-2300 mg. Konsultasikan dengan dokter agar Anda mendapat asupan yang tepat.

3. Makanan yang mengandung vitamin B12

Vitamin B12 s angat penting untuk kesehatan tubuh. kekurangan konsumsi B12 selain dapat menyebabkan kekurangan sel darah merah atau anemia juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini dikarenakan sel dan pembuluh darah menurun. Untuk memenuhi asupan vitamin B12 dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi seafood seperti kepiting, udang, kerang atau ikan. Selain makanan laut, Anda juga bisa mendapat asupan vitamin B12 pada ayam, daging sapi, susu, dan telur.

4.. Mengurangi makanan karbohidrat olahan

Mencerna makanan merupakan proses yang komoleks dalam tubuh dan tentunya membutuhkan suplai darah ekstra untuk menuju ke saluran cerna. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat seperti pasta, nasi putih dan roti saat dicerna mampu emlewati sistem pencernaan dengan cepat menuju ke usus halus. Gerakan yang cepat ini malah memicu kondisi tekanan darah rendah  menurun 30 sampai 60 menitt setelah Anda makan. Pilih makanan yang memiliki waktu lebih lama untuk dicerna seperti kacang-kacangan da biji-bijian.

Nah itu tadi empat jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita tekanan darah rendah. Selain memperhatikan jenis makanan yang perlu dikonsumsi, porsi makan juga perlu Anda perhatikan sebab mempengaruhi tekanan darah Anda. Sebaiknya jangan makan dalam jumlah yang banyak sebab tubuh membutuhakan banyak energi saat mencernanya. Lebih baik Anda makan dalam porsi yang kecil namun dengan jumlah yang sering.

Leave A Reply

Your email address will not be published.