Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Faktor-Faktor Penyebab Rasa Pusing

0

Setiap orang di dunia, sepertinya pernah merasakan pusing. Pusing ditandai dengan sensasi seperti kehilangan keseimbangan, limbung bahkan seperti hampir pingsan. Pusing merupakan gejala dari penyakit lainnya, meskipun tidak selalu pertanda penyakit yang serius, namun ketika Anda merasa pusing secara terus menerus sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Gejala yang dialami ketika Anda merasa pusing ada beragam misalnya sesansi kepala yang berat/mengambang, sesansi kehilangan keseimbangan/limbung, sensasi seolah dunia berputar (vertigo) dan ada yang merasa seperti mau pingsan. Jika Anda melakukan aktifitas lainnya ketika pusing seperti berjalan, merubah posisi dari duduk ke berdiri maka rasa pusing bisa semakin parah. Apabila, Anda merasakan sakit kepala mendadak yang begitu hebat, hingga muntah-muntah, demam tinggi, pingsan, sesak napas, mati rasa pada beberapa bagian tubuh, leher kaku dan gangguan pada beberapa indera maka sebiknya segera pergi kedokter untuk periksakan kesehatan Anda.

Pusing dapat disebabkan oleh beberapa alasan yaitu sebagai berikut.

1. Vertigo

Vertigo ditandai dengan gejala pusing yang berputar. Vertigo adalah gangguan keseimbangan sebab kelainan dalam pengiriman sinyal saraf dari mata ke otak lalu ke telinga bagian dalam. Vertigo disebabkan karena beberapa hal yaitu adanya infeksi pada saraf vestibuar yang berperan dalam keseimbangan, rasa pusing sebab sensitif pada suara/cahaya menadikan adanya migrain yang merupakan vertigo terjadi berulang kali bahkan bertahan hingga beberapa jam, stroke atau tumor, mengalami BPPV (benign paroxymsmal position vertigo) yaang terjadi sebab kepala yang bergerak secara tiba-tiba dan adanya penyakit meniere dimana terdapat cairan menumpuk di telinga bagian dalam, kadangkala juga diikuti telinga berdenging, telinga terasa tersumbat serta kehilangan pendengaran pada beberapa waktu.

2. Sirkulasi peredaran darah bermasalah

Ketika pusing, tubuh terasa tidak seimbang dan hampir mau pingsan. Hal ini dapat disebabkan karena jantung tidak memompa cukup darah ke otak. Sehingga tekanan darah menurun secara drastis. Bisa juga karena sirkulasi darah yang tidak lancar, hal ini terjadi jika seseorang mengalami sakit jantung, stroke ringan dan gangguan pada ritme detak jantung. Jika mengalami kehamilan ektopik, trauma dan juga pendarahan saluran cernapun dapat mengalami pusing.

3.Penyebab lain dari pusing

Beberapa hal berikut juga mampu menimbulkan rasa pusing yang Anda alami, mulai dari pengaruh obat-batan (antikejang, obat penenang, obat bius, antidepresan dan obat penurun tekanan darah), anemia defisiensi besi, terjadi gangguan saraf (sklerosis ganda dan parkinson), hipoglikemia yang merupakan kekurangan zat gula dan bisa juga disebabkan katena cuaca terlalu panas sehingga dehidrasi. Rasa pusing akan lebih beresiko jika Anda memiliki riwayat vertigo dan jika Anda sudah memasuki usia senja. Orang tua rentan pusing sebab kerap mengonsumsi obat dan masalah kesehatan lainnya.

Lalu bagaimana mendiagnosis pusing? Umumnya Anda perlu menggambarkan gejala pusing yang Anda rasakan kemudian menyebutkan juga obat-obatan yang Anda konsumsi.Dokter selanjutnya akan melakukan beberapa tes kesehatan seperti tes darah yang berguna untuk mendeteksi jika terdpat infeksi, memeriksa tingkat kelancaran peredaran darah dan kesehatan jantung Anda serta melakukan tes keseimbangan. Tes keseimbangan dilakukan dengan tes pergerakan mata pada benda yang bergerak, tes kursi putar, tes pergerakan kepala yang berguna untuk mendeteksi adanya vertigo posisional paroksimal benigna. Dengan beberapa tes tersebut, dokter akan menyimpulkan masalah kesehatan apa yang Anda alami. Jangan menganggap remeh sakit pusing yang Anda rasakan teralu sering.

Leave A Reply

Your email address will not be published.