Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas Bagi Remaja

2

Seiring dengan perkembangan jaman, dimana jaman sekarang ini bisa dibilang sebagai jaman edan, karena perilaku manusia mengalami perubahan yang cukup drastis. Salah satu contohnya adalah tentang pergaulan bebas yang dilakukan oleh para remaja. Pada zaman ini yang namanya hubungan sosial antara remaja laki-laki dan perempuan sangatlah bebas. Bahkan hubungan tersebut sudah seperti layaknya seorang suami istri. Dimana mereka akan melakukan hubungan sex tanpa nikah terlebih dahulu. Hal ini tentulah sangat mengkhawatirkan, terutama bagi para orang tua yang memiliki anak-anak remaja. Untuk itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara menghindari pergaulan bebas bagi remaja sebagai berikut :

  1. Memperkuat Pendidikan Agama

Bagi anak remaja, tentunya pergaulan yang salah akan membuat mereka berada di jalan yang salah. Anak yang mempunyai dasar pendidikan tidak akan mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas, karena dia mengetahui dan dapat membedakan mana yang benar dan salah. Selain itu juga, dengan dibekali pendidikan agama dan moral dapat memperkuat iman seseorang sejak dini. Tentunya bagi anak yang telah didik sejak dini akan dapat menanamkan  mengenai pengertian benar dan salah, dan biasanya dia akan dapat menghinghindari pergaulan bebas yang jelas-jelas merupakan suatu hal yang tidak benar.

cara menghindari pergaulan bebas

  1. Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak

Hubungan orangtua dan anak yang erat secara langsung, dapat memberikan pengawasan yang lebih baik kepada anak. Sehingga jika anak dekat dan terbuka dengan orang tuanya, maka mereka akan dapat langsung bertanya mengenai berbagai macam masalah yang dianggap sensitif dan tabu seperti seks. Hal ini, bukanlah suatu hal yang dapat mencari informasi yang bisa jadi menyesatkan pada pihak lain. Sebagai orangtua, baiknya anda harus harus mendengarkan apa permasalahan yang anak anda alami. Dengan begitu, hal ini bisa menghindari anak anda dari pergaulan bebas bagi anak anda.

  1. Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak dan Remaja

Tentunya keinginantahuan remaja mengenai hal yang berkaitan dengan seksualitas terkadang tidak mendapatkan penyaluran yang benar, sehingga mereka terkadang akan mencari tahu melalui jalan yang salah seperti contohnya dengan mencari di internet. Oleh karena itu informasi yang berkaitan dengan seksualitas seharusnya didapatkan anak sejak dini, dan tentunya disesuaikan dengan bahasa yang cocok dengan usia anak tersebut. Dengan demikian, mereka juga dapat mengetahui bahaya dan akibat dari pergaulan bebas.

  1. Menghindari Lingkungan yang Tidak Kondusif

Setelah keluarga, tempat anak bersosialisasi adalah lingkungan. Dengan demikian, jika anak berada pada lingkungan yang positif tentunya mereka akan memegang teguh dan mereka juga akan mencontoh hal yang positif tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika anak berada di lingkungan yang tidak kondusif maka lingkungan tersebut akan mempengaruhi dan dapat membuat anak tersebut menjadi berperilaku menyimpang dari normal sosial yang ada.

Mungkin itu saja informasi yang bisa disampaikan semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.