Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Asupan Tepat untuk Penderita Hipotensi

2

Hipotensi merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah dimana penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berlawanan dengan hipertensi.

Istilah hipotensi memang jarang digunakan seringkali digunakan kata – kata tekanan darah rendah. Secara umum penderita hipotensi ini mengalami gejala yang hampir serupa anemia yakni mudah capek dan dapat merasakan pusing saat berdiri setelah duduk, selalu terasa letih dan lesu.

Penyakit ini memang sering kali dianggap sepele namun tetap perlu disembuhkan untuk tidak mengganggu aktivitas sehari – hari.

Dengan memakan makanan yang tepat dan sesuai sehingga asupan makanan ini dapat menyehatkan dan membantu menyembuhkan penyakit hipotensi ini.

Terdapat delapan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh penderita hipotensi yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, asam folat, dan vitamin B – 12.

Secara keseluruhan komponen – komponen ini sering kali terdapat pada buah – buahan. Komponen nutrisi pada buah – buahan ini dapat dengan cepat membantu menaikkan tekanan darah serta membantu memproduksi sel darah merah.

Beberapa buah – buahan tersebut seperti pisang yang memang dikenal merupakan buah yang kaya akan manfaat, buah ini dapat membantu meningkatkan tekanan darah dikarenakan komponen – komponen nutrisi yang terkandungnya.

Kemudian buah apel yang dikenal kaya akan vitamin A dengan komponen lain yang memang menyehatkan dimana dikatakan dengan mengonsumsi apel sekali tiap hari dapat menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikutnya buah mangga yang digemari oleh banyak masyarakat namun di balik kenikmatannya kandungan nutrisi dari buah mangga ini sangat bermanfaat dan terutama bagi penderita hipotensi.

Selanjutnya buah yang dikenal kaya akan vitamin C yaitu buah jeruk. Buah jeruk ini kaya akan vitamin C dan menjadikan buah jeruk kaya akan antioksidan sekaligus komponen – komponen nutrisi lainnya.

Pada buah jeruk ini menjadikan buah jeruk ini dapat membantu meningkatkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah rendah.

Selain dari buah – buahan, dari sayur – sayuran juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah bagi penderita hipotensi yakni.

Seperti brokoli yang juga dikenal kaya akan vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan dengan menangkal radikal bebas dan juga meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh,

Komponen lain seperti protein nabati dan zat besi yang terkandung pada brokoli juga dapat meningkatkan sel darah merah.

Berikutnya terdapat sayur bayam yang memiliki komponen terkandung seperti kalium, sodium rendah, serta zat besi yang dapat berperan untuk mengontrol aliran darah dalam tubuh agar peredaran darah dapat tetap lancar dan dapat beredar dengan baik.

Makanan jenis lain yakni seperti daging –dagingan juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah bagi penderita hipotensi yakni seperti daging sapi, daging serta hati ayam, ikan, telur, kerang, daging kambing, dan juga daging kerbau.

Selain produk – produk daging, produk hewani seperti susu juga dapat membantu memberikan nutrisi bagi penderita hipotensi diikuti dari jenis makanan berupa kacang  – kacangan.

Beberapa contoh jenis kacang – kacangan yang dapat berperan untuk meningkatkan tekanan darah adalah buncis, kacang almond, kacang panjang, kacang merah, dan juga kacang hijau yang dapat membantu para penderita hipotensi untuk kembali bugar dan sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.