Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Kolesterol

0

Kolesterol yang berlebihan tidak baik untuk untuk kesehatan sebab dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit. Ada dua jenis kolesterol di dalam darah yaitu HDL (high density lippoprotein) atau kolesterol baik dan LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat. HDL bertugas membawa semua koleksterol dari seluruh tubuh ke hati, kemudian hati membuangnya ke luar tubuh. Sementara LDL tinggi dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah atau arteri. Haal ini yang menjadikan berbagai penyakit datang mulai dari stroke, penyakit jantung dan lainnya. Anda dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi di dalam darah dengan mengonsumsi makanan yang diajurkan utuk penderita kolesterol yaitu sebagai berikut.

1. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan  seperti almond, pistachio dan kenari baik untuk menurunkan koleksterol jahat. Sebab kacang-kacangan ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai camilan, namun hindari penggunaan garam yang banyak.

2. Konsumsi Alpukat

Alpukat merupakan buah yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Buah ini mengandung lemak jenuh tunggal, lamak tak jenuh ganda dan lemak omega 3 yang baik juga untuk jantung. Selain mampu menurunkan kolesterol jahat, alpukat juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Tambahkan alpukat dalam menu makanan Anda sehari-hari seperti roti lapis. Anda juga bisa menggunakan minyak alpukat untuk menggantikan minyak sayur yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Alpukat juga dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat.

3. Konsumsi Jamur

Pada awalnya, jamur yang diaggap berperan untuk menurunkan kolesterol hanyalah jamur shitake. Kini sudah banak disebutkan dalam penelitian bahwa semua jamur berifat sama yaitu mampu mengurngi LDL atau kadar lemak jahat dan meningkatkan HDL atau lemak baik. Sehingga Anda bisa memilih jamur apa saja yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh Anda

4. Minum Teh

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, Anda bisa memilih teh hitam dan teh hijau. Namun yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi adalah teh hijau sebab tak banyak mengalami proses seperti teh jenis lainnya, terutama tanpa dilakukan fermentasi. Hal ini menjadikan teh hijau baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.  

5.. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu masak yang memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rupanya, bawang putih juga ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Anda bisa menambahkan bawang putih di setiap masakan. Atau mengkonsumsinya dengan cara menumis bawang putih yang tealah diiris dengan menggunakan minyak zaitun, lalu taburkan di setiap masakan Anda.

6. Konsumsi Kentang

Kentang mengandung banyak karbohidrat, selain itu ia merupakan makanan yang bebas kolesterol. Namun, dalam proses masaknya perlu hati-hati. Sebab minyak untuk menggoreng kentang bisa saja mengandung kolesterol tinggi. Cara terbaik untuk memasak kentang bagi penderita kolesterol yaitu dengan direbus atau dipanggang.

7. Sayur Bayam

Jika penderita asam urat dilarang mengkonsumsi bayam, maka bagi penderita kolesterol lebih dianjurkan mengkonsumsi bayam. Bayam mengandung lutein yaitu pigmen sinar matahari kuning yang juga ditemukan pada kuning telur. Pigmen ini memiliki banyak manfaat kesehatan salah satunya yaitu melindungi tubuh dari serangan jantung serta membantu dinding arteri melepas penyumbatan yang disebabkan kolesterol.

Nah itu tadi tujuh jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita koleksterol.Jangan lupa pula untuk menjaga pola makan Anda serta olahraga yang rutin agar cepat sembuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.