Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

5 Jenis Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

0

Setiap orang memiliki kadar asam urat yang berbeda-beda dalam darah. Asam urat yang kadarnya tinggi, membuat sendi terasa nyeri sehingga membuat Anda tak nyaman dalam bergerak. Rasa nyeri bisa semakin parah, timbul bengkakbahkan radang pada jempol kaki jika Anda melakukan pantangan yang harusnya dihindari. Salah satu pemicu asam urat adalah makanan yang Anda konsumsi. Studi Arthritis Foundation menyebutkan bahwa penderita asam urat (hiperurisemia) harus menghindari beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kadar asam uratnya meningkat. Selain itu, perubahan gaya hidup juga dapat membantu menyembuhkan penyakit asam urat, sedangkan pengobatan hanyalah mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.

Makanan apa saja yang perlu Anda hindari jika menderita asam urat?

1. Menghindari Konsumsi Alkohol

Pada tahun 2004 Jurnal The Lancet merilis sebuah hasil riset yang menyebutkan bahwa pria yang suka minum alkohol lebih mudah terkena asam urat. Riset tersebut dilakukan selama 12 tahun pada 47.000 laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa alkohol berbahaya untuk kesehatan Anda. Alkohol adalah minuman yang mengandung purin dengan kadar yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan asam urat dan bahkan memicu hpenyakit komplikasi.

2. Menghindari Makan Sayur yang Banyak Mengandung Purin

Tak semua sayur boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Salah satunya sayuran yang mengandung purin. Purina merupakan senyawa yang dapat dipecah menjadi asam urat dan dapat Anda temukan pada berbagai jenis makanan, salah satunya di sayur bayam.Pada tabel makanan AcuMedico disebutkan bahwa pada 100 gram bayam mengandung 57 gram purina. Meski jumlahnya sedikit dibandingkan daging merah, namun ketika dikonsumsi berlebihan kadar asam urat tentu akan meningkat.

3. Menghindari Minum Kopi

Minum kopi memang nikmat apalagi di tengah malam bersama kawan-kawan. Namun jangan lupakan ada kandungan kafein pada kopi yang perlu untuk Anda waspadai, apalagi jika Anda menderita sakit asam urat. Banyak minum kopi dapat menyebabkan gejala nyeri sendi yang semakin parah. Pada secangkir kopi terdapat 58 mg kafein yang kadarnya berbeda-beda pada tiap jenis kopi. Kadar kafein yang cukup tinggi tersebut menjadikan asam urat menebal, zat purina akan mengendap pada ginjal. Hal ini dapat emmicu terjadinya penyakit CKD atau chronic kidney disease.

4. Hindari konsumsi beberapa jenis seafood

Makanan seafood disukai oleh banyak orang sebab memiliki citarasa yang lezat. Negara Jepang adalah salah satu negara yang suka menyantap aneka makanan seafood seperti ubur-ubur, rumput laut, crustacea, echinodermata, ikan mentah dan moluska. Namun untuk penderita asam urat, makan seafood merupakan makanan pantangan untuk Anda. Teruatama kepiting, udang dan cumi-cumi. Banyak orang menderita asma urat sebab terlalu banyak mengkonsumsi seafood. Bahkan studi American College of rheumatology menyebut ada 730 kasus gejala asam urat.

5. Membatasi Makan telur

Telur mengandung banyak protein hewani. Selain itu juga terdapat kandungan purina hingga 130 gram dan 7 gram per 100 gram telur. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi telur, maka dapat memicu tingginya asam urat bahkan hingga mengalami gagal ginjal. Anda masih bisa mengkonsumsi telur namun dalam jumlah yang perlu dibatasi.

Nah itu tadi 5 jenis makanan yang harus Anda hindari atau kurangi jika menderita asam urat. Ubah gaya hidup Anda agar cepat sembuh dari sakit. Jangan lupa juga untuk rutin berolah raga agar cepat sembuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.