Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dengan Mudah dan Aman

0

Alodokterku.com – Dahak atau yang dikenal juga dengan sebutan slam bisa menyebabkan tenggorokan bayi menjadi tidak nyaman, terganggunya pernapasan, dan juga akan terganggu saat sedang menelan ASI.

Hal tersebut tentunya membuat si kecil akan seringkali menangis. Adanya perubahan kondisi kesehatan bayi tersebut, terlebih yang berkaitan dengan gangguan kesehatan, seringkali disertai dengan batuk berdahak.

Sebenarnya cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi ini sangat mudah dan tidak sesulit yang terbayang.

Adapun munculnya batuk berdahak, biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi seperti pilek, batuk, dan flu yang disebabkan oleh virus.

Lalu cara mengeluarkan dahak pada bayi yang mudah dan aman itu seperti apa? Berikut dibawah ini cara mudah dan aman mengeluarkan dahak pada bayi diantaranya yaitu:

1. Konsumsi ASI

Saat bayi ibu mengkonsumsi ASI, maka hal tersebut dapat membantu si kecil untuk mengeluarkan dahaknya melalui feses. Hal tersebut bisa dilakukan pada saat bayi mengeluarkan air ludah ataupun bersin dan muntah.

2. Menggunakan Alat Khusus

Untuk mengeluarkan dahak pada bayi juga, ibu bisa menggunakan alat khusus yang terbuat dari bahan karet.

Jika diperlukan gunakanlah alat khusus tersebut untuk menyedot dahak pada bagian mulut dan hidungnya. Pertama tama ibu bisa menyedot terlebih dahulu bagian mulutnya, dengan cara menempatkan ujung penyedot alat khusus tersebut kedalam rongga mulut si kecil.

Baca juga: Memahami Penyebab dan Cara Mengobati Campak Pada Anak

3. Membatasi Penyedotan

Saat bayi ibu sedang mengeluarkan dahak, hindari menyedot bagian mulut ataupun bagian hidung si kecil setelah mereka menyusu atau makan, pasalnya hal tersebut bisa menyebabkan si kecil muntah.

Jika si kecil muntah dan kesulitan bernapas, batasi penyedotan.

4. Menghangatkan Tubuh Bayi

Untuk mengeluarkan dahak pada bayi juga bisa dilakukan dengan menghangatkan tubuhnya. Mengentalnya dahak pada saluran pernapasan menjadi hal yang paling sering dialami bayi yang menjadikannya gelisah, terlebih lagi pada saat si kecil ingin tidur dan makan.

Selain itu juga dahak tersebut menyebabkan bayi tidak enak makan. Hawa panas yang dihasilkan dari tubuh bayi bisa membantu mengencerkan dahak dan juga mengeluarkannya.

Ibu bisa saja memakaikan baju hangat pada si kecil atau bisa juga memberi minyak khusus padanya seperti minyak telon.

Tetapi yang harus diingat para ibu adalah bahwa adanya beberapa bayi yang bisa mengalami alergi akibat penggunaan minyak telon.

Selain itu, ibu juga bisa membuat ruangan supaya tetap hangat, bersih, dan cukup steril dari debu supaya tidak menumpuknya dahak.

5. Terapi Air Hangat dan Minyak Kayu Putih

Jika ibu memilih melakukan terapi air hangat dan minyak kayu putih untuk mengeluarkan dahak pada bayi. Ibu bisa memposisikan si kecil dalam keadaan tengkurap dengan posisi kepala yang lebih rendah daripada posisi tubuhnya.

Setelah itu, ibu bisa menepuk nepuk punggungnya untuk membantu si kecil mendorong dahak dari saluran pernapasannya.

Sehingga nantinya dahak bisa menjadi lebih encer dan dahaknya juga akan lebih mudah dikeluarkan.

Itulah 5 cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan mudah dan juga aman. Tetapi selain itu masih ada cara mudah dan aman lainnya yaitu menidurkan bayi ibu dengan posisi yang berbeda.

Jika biasanya si kecil tidur dengan posisi kepalanya sejajar dengan badan, maka ibu bisa merubahnya.

Cobalah berikan bantal pada kepalanya supaya posisi kepala si kecil lebih tinggi. Posisi tersebut bisa membantu si kecil dalam mengatasi hidungnya yang tersumbat dan mengeluarkan dahak pada saluran pernapasannya.

Baca juga: Bagaimanakah Proses Bayi Tabung? Ini dia Pembahasannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.