Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Mengenal Penyakit Paru-Paru Basah, dan Cara Agar Terhindar dari Gejala-Gejalanya

13

Aldodokter.com – Sehat itu mahal. Tetapi Anda tidak harus mengeluarkan biaya besar agar tetap bisa sehat. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, maka dibutuhkan pola hidup atau kebiasaan yang sehat.

Misalnya saja Anda melakukan pola makan yang seimbang dan menyehatkan, berolahraga, berpikir positif dan melakukan aktivitas yang positif.

Mengapa Anda perlu melakukan pola hidup yang sedemikian tersebut? Perlu diperhatikan, penyakit itu mudah datang tetapi susah pergi.

Di mana pun dan kapan pun sseorang berada, penyakit bisa datang menghampiri tidak mengenal imun tubuh kuat atau tidak. Tetapi alangkah lebih baik untuk memiliki tubuh yang sehat dengan imun kuat karena bisa menurunkan potensi terkena penyakit.

Kini, ada banyak macam penyakit. Dan tidak semuanya telah dipecahkan. Artinya, ada penyakit yang belum ditemukan obatnya. Semakin hari, berbagai penyakit semakin ganas. Ada penyakit kanker, penyakit jantung, penyakit tumor, penyakit hati, penyakit paru-paru dan lain sebagainya.

Semua jenis penyakit tersebut sangat menyakitkan. Anda tentu tidak mau merasakan sakitnya. Salah satu penyakit yang harus Anda waspadai adalah penyakit paru-paru basah. Apa sih maksud dari penyakit ini? Simak yang berikut ini sampai tuntas!

Pengertian Penyakit Paru-Paru Basah

Pengertian-Paru-Paru-Basah

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang paru-paru dari yang ringan hingga berat. Ada sakit kanker paru-paru, asma, sesak nafas, iritasi dan bahkan paru-paru basah.

Di antara kalian mungkin sudah sering mendengar istilah penyakit paru-paru basah, tetapi apa maksudnya? Apa penyakit ini jenis penyakit ringan, sedang atau berat? Untuk mengenal apa itu sakit paru-paru basah, maka terlebih dahulu harus memahami definisi atau pengertiannya.

Paru-paru basah adalah penyakit yang berhubungan dengan organ manusia, yakni paru-paru. Nama lain dari penyakit ini adalah Pneumonia. Penyakit ini sering dialami oleh masyarakat luas. Penyebab mengapa orang-orang bisa terjangkit penyakit ini adalah karena adanya peradangan di jaringan utama paru-paru.

Peradangan ini disebabkan oleh mikroorganisme. Bakteri dan virus merupakan penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami paru-paru basah. Oleh karena itu, diperlukan sebuah tindakan pencegahan untuk memperkecil terkena sakit paru-paru basah.

Paru-paru basah adalah penyakit yang tidak mengenal usia. Paru-paru basah bisa dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Namun, anak-anak akan lebih rentan terkena penyakit ini karena daya imun tubuh yang lebih lemah daripada orang dewasa.

Oleh karena itu, Anda harus waspada terhadap penyakit ini. Mengapa? Perlu Anda ketahui bahwa penyakit paru-paru basah memiliki risiko menyebabkan kematian yang tinggi pada anak yang ada di bawah usia 5 tahun.

Pencegahan Paru-Paru Basah

Cara-mencegah-paru-paru-basah

Baca juga: Ingin Diet Tapi Gagal Terus? Simak Semua Tipsnya di Popbela!

Ciri-ciri apakah Kita terjangkit paru-paru basah cukup sulit. Ini dikarenakan gejala atau ciri-cirinya hampir sama seperti sakit flu dan pilek biasa.

Seringkali, orang yang mengidap penyakit ini akan mengalami demam dan menggigil, sering berkeringat, lemas, tidak nafsu makan dan batuk berdahak. Jika tidak teliti, maka kita akan berasumsi bahwa orang yang mengalami gejala-gejala tersebut hanya terkena demam biasa.

Meskipun tampak sepele, Anda harus segera periksa ke dokter. Ingat, dari yang kecil bisa menjadi besar. Jadi jika tidak segera ditangani maka khawatir akan bertambah buruk.

Agar tidak terkena gejalanya, apalagi terjangkit sakit paru-paru basah maka perlu dilakukan pencegahan. Apa sajakah pencegahannya? Berikut ini adalah pencegahan penyakit paru-paru basah yang sangat perlu diperhatikan dan dilakukan.

1. Rutin berolahraga

Jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat, maka tentu saja harus melakukan aktivitas sehat. Salah satu aktivitas sehat yang harus dilakukan adalah rutin berolahraga. Olahraga juga tidak rumit-rumt amat. Anda tidak harus datang ke gym untuk olahraga. Bahkan Anda juga bisa berolahraga di dalam rumah, kantor dan lainnya dengan alat sederhana.

Anda bisa berolahraga dengan bobot tubuh sendiri tanpa menggunakan alat yang berat. Olahraga di luar ruangan juga merupakan pilihan tepat. Anda bisa melakukan olahraga lari jarak jauh, jogging, berjalan, bersepeda dan lain semacamnya.

Banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Asalkan ada keinginan untuk sehat dan tindakan nyatanya, maka Anda bisa mewujudkan hidup yang sehat. Anda akan terhindar dari obesitas dan berbagai infeksi, virus dan kuman tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

2. Pola makan sehat

Selain membiasakan diri untuk beraktivitas sehat atau olahraga, Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat pula. Akan percuma jika Anda rutin berolahraga tetapi pola makan masih sembarangan. Aktivitas sehat harus diimbangi dengan makan makanan sehat.

Perhatikan asupan protein, karbohidrat, serat dan gizi penting lainnya agar tubuh sehat. Makanlah buah dan sayur sebagai sumber serat dan mineral. Makanlah daging juga tetapi tidak berlebihan. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik.

Agar terhindar dari paru-paru basah, maka hindarilah makanan yang memiliki kandungan lemak jahat seperti makanan yang digoreng. Dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah dapat membantu tubuh menangkal beragam jenis infeksi dan kuman penyebab paru-paru basah.

3. Tidak merokok

Sudah rutin olahraga tetapi masih sering merokok? Jangan begitu! Lakukan secara optimal pola hidup sehat Anda. Rokok adaah salah satu sumber segala penyakit. Sudah ada banyak bukti yang menunjukkan rokok berbahaya bagi tubuh, terutama terkait organ pernafasan manusia.

Paru-paru basah pun bisa disebabkan dari kebiasaan merokok. Jika telanjur terjangkit paru-paru basah atau gejalanya, segera hentikan merokok jika ingin kembali sehat.

4. Tidak meminum minuman beralkohol

Selain menghentikan kebiasaan merokok, Anda juga harus segera menghentikan konsumsi minuman beralkohol. Ini sama bahanya dengan merokok. Perlu diketahui bahwa minuman beralkohol dapat merusak organ dalam paru-paru dan memicu berbagai penyakit muncul.

5. Melindungi kesehatan saluran pernafasan

Salah satu pencegahan agar terhindar dari paru-paru basah adalah ketika sedang berada di lingkungan yang kumuh dan tidak bersih, maka tutupi saluran pernafasan Anda. Cara ini cukup efektif untuk terhindar dari paru-paru basah. Anda juga bisa memakai masker agar terhindar dari bau yang tidak sehat.

Menjadi sehat sebenarnya bukan hal yang sulit. Tetapi itu semua tergantung dengan masing-masing pribadi seseorang. Jika memang memiliki keteguhan yang kuat untuk selalu sehat, maka mau tidak mau dia akan melakukan apapun meskipun itu terkesan berat. Tenang saja. Mungkin akan terasa berat di awalnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa.

Dengan mengenal tentang apa itu penyakit paru-paru basah, maka Anda bisa melakukan proteksi sedini mungkin agar terhindar dari terjangkit penyakit tersebut. Anda bisa melakukan pencegahan yang tepat agar tidak mengalami gejala-gejala penyakit paru-paru basah. Usaha untuk menjadi sehat tidak selalu mahal.

Jadi lakukan sebaik mungkin sebelum Anda merasakan betapa mahalnya untuk selalu sehat. Ingat, berbagai penyakit mulai dari ringan hingga berat tersebar luas di sekitar kita.

Jika tidak ada kesadaran untuk selalu melakukan aktivitas dan pola hidup yang sehat, maka besar kemungkinan bagi tubuh untuk selalu terjangkit dan terjangkit lagi dengan penyakit yang berbeda-beda. Jangan sampai Anda mengalaminya!

Baca juga: Ini Dia Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Terbukti Ampuh

Leave A Reply

Your email address will not be published.