Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

4 Manfaat Ajaib Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

2

AldoDokter.com – Seperti yang diketahui bahwa temulawak merupakan tanaman asli yang bentuknya hampir mirip dengan kunyit. Tanaman temulawak ini memilki nama latin curcuma xanthorrhizza yang biasanya berbentuk silinder dengan diameter sekitar 6cm. Selain itu, temulawak ini juga memiliki kulit dengan warna kuning muda. Temulawak ini juga merupakan tanaman monokotil, di mana tanaman ini tidak memiliki akar tunggang. Sementara akar yang dimiliki adalah akar rimpang. Rimpang ini merupakan bagian batang yang terletak di bawah tanah. Selain itu, rimpang ini juga bisa disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Yang menariknya, di antara semua rimpang berjenis curcuma, rimpang temulawak inilah yang paling besar di antara tanaman yang lainnya. 

Perlu diketahui bahwa rimpang temulawak ini terdiri dari rimpang induk dan anakan. Dimana, rimpang induknya berbentuk bulat dan berwarna kuning tua. Sedangkan bagian dalamnya berwarna jingga kecokelatan. Selain itu, dari rimpang induk ini juga keluar rimpang kedua yang ukurannya lebih kecil serta tumbuh ke samping. Rimpang kecil ini biasanya berjumlah sekitar 3-7 buah. 

Setelah membahas sedikit banyak tentang karakter tumbuhan temulawak, lantas apa manfaat temulawak untuk tubuh? Tanaman ini disebut-sebut memiliki manfaat yang ajaib, mari kita simak apa saja manfaat ajaib tersebut.

1. Menjaga Kesehatan Liver

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan liver. Dimana, ekstrak temulawak ini diklaim memiliki manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin, seperti acetanibophen dan tetraklorida. Hepatotoksin ini merupakan bahan kimia yang bisa menyebabkan dampak buruk pada hati. Dengan demikian, temulawak ini bisa menjadi salah satu pilihan bahan alami yang sangat tepat untuk membantu menjaga kesehatan hati. 

2. Sebagai Obat Diuretik

Manfaat temulawak lainnya untuk kesehatan adalah sebagai obat diuretik. Diuretik ini adalah zat yang dapat membantu untuk membersihkan tubuh dari garam (natrium) dan air, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Dimana, zat diuretik ini akan merangsang ginjal guna melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urine. Selain itu, manfaat diuretik pada temulawak ini juga akan mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah. Nah, proses ini dapat membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah. Zat diuretik ini biasanya digunakan untuk memcegah, mengobati, dan memperbaiki masalah kesehatan seperti:

  • Masalah pada ginjal
  • Pembengkakan jaringan (ederna)
  • Gagal hati
  • Gagal jantung 

3. Sebagai Antipasmodik

Perlu diketahui bahwa minyak dari temulawak ini memiliki manfaat sebagai antipasmodik. Dimana, antipasmodik ini adalah golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos. Jadi, temulawak ini bisa merelaksasikan otot halus di usus serta mencegahnya dari kejang. Selain itu, obat antipasmodik ini biasanya bermanfaat untuk mengatasi kondisi Irritable Bowel Syndrome (IBS). IBS ini merupakan kondisi ketika usus besar mengalami gangguan akibat kontraksi otot yang tidak normal. Orang yang mengalami IBS ini akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti:

  • Sembelit
  • Kram perut
  • Sakit perut
  • Kembung
  • Diare

4. Dapat Menambah Nafsu Makan

Manfaat temulawak yang terakhir adalah bisa menambah nafsu makan. Nah, bagi Anda atau anak Anda yang sulit untuk makan, bisa mencoba mengonsumsi temulawak ini. Karena temulawak ini dipercaya bisa menambah nafsu makan. Hal ini dikarenakan pada temulawak terdapat kandungan atsiri yang bisa meningkatkan nafsu makan. Dengan demikian, nafsu makan Anda akan menjadi lebih lahap setelah mengonsumsi tanaman ini.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk tubuh. Luar biasa sekali bukan? Tak hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, namun temulawak juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Berminat untuk mencobanya?

Baca juga: Manfaat Jelai Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu 

Leave A Reply

Your email address will not be published.