Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator Kehamilan

40

Aldodokter.com –  Mengetahui usia kehamilan merupakan hal yang sangat penting, karena dengan mengetahui usia kehamilan ini maka akan dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai dengan usianya. Usia kehamilan tersebut akan menjadi tolak ukur kesehatan janin didalam kandungan.

Di dalam menentukan usia kehamilan ini, ibu dapat menentukannya dalam hari, minggu, bulan, dan bahkan trimester. Dengan mengetahui usia kehamilan ini maka ibu akan dapat memberikan yang terbaik untuk calon bayinya nanti sesuai dengan usianya. Misalnya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sehingga akan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan, dengan makanan yang baik, dengan melakukan aktivitas atau olahraga yang disesuaikan dengan usia kehamilannya.

Berikut beberapa cara mengetahui usia kehamilan yang bisa dilakukan sendiri, di antaranya:

Dengan Menggunakan Hitungan Kalender

Salah satu cara yang paling manual untuk menghitung usia kehamilan dengan menggunakan perhitungan kalender.

Cara ini merupakan cara yang paling klasik dan juga umum digunakan tetapi jika menggunakan cara ini harus benar benar mengetahui siklus haid yang terakhir.

Perhitungan dengan menggunakan kalender ini akan menggunakan haid pertama haid terakhir didalam rumus untuk menghitungnya. Lalu tanggal dari dari haid pertama dan juga haid terakhir itu dimasukkan kedalam rumus Naegele.

Cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan menggunakan rumus Naegele yang dikurangi 7 ini untuk tanggalnya, untuk bulannya itu dikurangi 3, dan untuk tahunnya itu ditambah dengan 1.

Rumus Naegele ini sangat sederhana sekali dan sangat mudah didalam mengaplikasikannya.

Dengan Menggunakan Kalkulator Masa Subur

Dalam menggunakan kalkulator masa subur, ibu dapat menghitung berapa usia kehamilan dengan cara yang instan tanpa harus menggunakan perhitungan yang terlalu rumit. Kalkulator masa subur ini biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi dan ibu tinggal mencocokkannya sesuai dengan kondisi kehamilan. Sehingga nantinya akan dapat diketahui usia kehamilan, tanggal kelahiran, dan juga kondisi janin. Informasi tentang kehamilan akan lebih lengkap dapat didapatkan dengan menggunakan kalkulator.

Itula beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan sendiri. Selain kedua cara di atas ada cara lainnya yaitu dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Salah satu kalkulator kehamilan yang dapat Anda coba adalah kalkulator kehamilan dari Popmama.

Di dalam menggunakan kalkulator ini sangatlah mudah yaitu ibu hanya cukup memasukkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), dan jika ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat maka dapat memasukkan rata rata lama siklus haid didalam setiap bulannya. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu mempermudah Anda.

Baca juga: Menilik Ciri-ciri Wanita Hamil dengan Menggunakan Test Pack

Leave A Reply

Your email address will not be published.