Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Cara Memilih dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

0

Aldodokter.com – Seperti yang diketahui, selain rasanya yang enak, buah alpukat mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Begitu banyaknya manfaat buah alpukat ini, sehingga tidak sedikit orang yang memasukkan alpukat ini ke dalam menu dietnya. Lalu bagaimana cara memilih alpukat yang baik dan benar?

1. Beda Warna Kulit dan Tangkai Alpukat

Perlu diketahui bahwa warna kulit alpukat yang mentah dan matang itu sangat berbeda. Dimana, alpukat yang sudah matang memiliki warna lebih gelap, dari hijau sampai menghitam. Sementara alpukat yang mentah biasanya berwarna hijau muda. Namun Anda harus memeriksanya lagi apakah kulit yang hitam itu memang sudah matang atau memang karena alpukat terlalu matang dan membusuk. Selain itu, ujung tangkai alpukat yang berwarna hijau atau kuning pun bisa menandakan kalau alpukat tersebut sudah matang. 

2. Beda Tekstur Alpukat

Dalam hal ini, semakin matang maka tekstur daging buah alpukat akan semakin lembek. Untuk mengeceknya, Anda bisa menekan kulit alpukat dengan perlahan untuk memeriksanya. Apabila daging alpukat tersebut masih terasa keras itu tandanya alpukat belum benar-benar matang. Ingat, jangan terlalu keras menekan kulit buah alpukat menggunakan jari, karena hal ini bisa meninggalkan bekas pada alpukat. 

Bolehkah Mengonsumsi Daging Alpukat Yang Kecoklatan?

Perlu diketahui bahwa daging buah alpukat dapat berubah kecoklatan karena adanya proses oksidasi, atau ketika daging buah bertemu dengan oksigen di udara. Hal ini terjadi karena adanya reaksi oksigen dengan zat polifenol serta enzim polifenol oksidase dalam alpukat. Lalu warna daging buah alpukat yang teroksidasi akan berubah kecoklatan karena munculnya zat warna gelap melanin. Namun, warna kecoklatan pada daging buah alpukat itu bukan berarti busuk, kecuali jika Anda membiarkan daging buah alpukat terpapar udara dengan suhu ruangan selama beberapa hari, maka bisa dipastikan bahwa buah alpukat itu telah menjadi busuk.  

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Tak hanya nikmat untuk disantap, namun buah alpukat juga memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Beberapa manfaat mengonsumsi buah alpukat bagi kesehatan di antaranya:

1. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Buah alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid, yang dikenal dapat membantu untuk melindungi terhadap usia terkait macular degeneration dan katarak.

2. Mengatur kadar gula darah

Lemak baik tak jenuh tunggal di dalam alpukat, dapat bermanfaat membalikkan resistensi insulin yang membantu untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Alpukat sendiri kaya akan senyawa yang disebut dengan beta sitosterol, yang telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. 

4. Sebagai anti inflammatory (sifat inflamasi)

Senyawa phytonutrient yang ditemukan di dalam alpukat, seperti polyphenols dan flavonoids. Telah ditemukan memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

5. Mengurangi resiko stroke

Dengan memiliki kandungan folat yang cukup tinggi, alpukat ini  juga dapat melindungi resiko stroke. Bahkan ada sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang makan diet kaya folat, memiliki resiko paling rendah untuk terkena stroke dibandingkan mereka yang tidak.

6. Melindungi dari kanker

Menurut banyak penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat ini bisa menghambat pertumbuhan “kanker prostat”. Selain itu kandungan asam oleat pada alpukat ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

7. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lainnya dari alpukat untuk kesehatan, adalah dapat mengendalikan tekanan darah. Di dalam alpukat sendiri, memiliki sumber kalium yang dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih alpukat yang baik serta manfaat buah berwarna hijau tersebut bagi kesehatan.

Baca juga: 7 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Kolesterol

Leave A Reply

Your email address will not be published.