Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

5 Tips Pola Hidup Sehat Maksimal Saat Malam Hari

2

aldodokter.com – Pada waktu-waktu tertentu penerapan pola hidup sehat memiliki manfaat lebih baik daripada waktu lainnya. Contohnya waktu istirahat terbaik adalah pada saat malam hari. Hal ini diungkap dalam sebuah penelitian dari seorang ahli gizi bernama Rachel Daniels.

Menurut pimpinan ahli gizi di Virtual Health Partners, Newyork ini, pada waktu malam hari tubuh akan lebih optimal dalam memproduksi sel, sehingga banyak pola hidup sehat yang lebih baik dilakukan saat malam hari. Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang lebih baik dilakukan di malam hari.

Cuci Muka dan Mandi

Seharian bekerja dan beraktivitas tentunya tubuh dan wajah akan terasa kotor. Banyak kuman yang menempel pada tubuh, sehingga membuat akan lebih rentan terhadap penyakit. Mandi dan cuci muka akan membersihkan segala macam kotoran tersebut, selain itu kamu akan lebih nyaman untuk beristirahat.

Manfaat lainnya adalah ketika seseorang rutin cuci muka, peremajaan kulit wajah bisa lebih maksimal. Karena memang pada saat seseorang tidur, terjadi relaksasi pada kulit, hingga membuatnya lebih maksimal dalam regenerasi sel. Sehingga wajah akan lebih fresh dan segar.

Menyisir rambut

Menyisir rambut sebelum tidur akan mengurangi lebih banyak lagi kerusakan rambut setelah bangun tidur. Karena biasanya, rambut akan sangat kusut setelah bangun. Dengan menyisir rambut ini, kesehatan rambut akan semakin terjaga, dan di pagi harinya, kamu akan lebih mudah menata rambut.

Memakai Body Lotion

Gunakan body lotion yang mengandung retinoid saat malam hari. Kandungan ini akan memicu terbentuknya kolagen pada kulit. Sehingga kulit menjadi lebih segar, dan sehat.

Meski biasanya penggunaan lotion ini untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, namun manfaatnya akan lebih maksimal dalam menyerap kandungan body lotion tersebut saat digunakan waktu malam hari.

Menggunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur akan lebih baik jika dilakukan di malam hari. Hal itu dilihat dari kondisi mulut di malam hari yang akan menghasilkan air liur lebih banyak dibandingkan saat pagi hari. Obat kumur tersebut akan menetralkan air liur sehingga mulut tidak terasa asam.

Jika jumlah air liur sedikit, maka obat kumur tersebut malah akan mengikis gusi dan gigi, hingga beresiko semakin berlubang. Berbeda jika digunakan di malam hari, malah akan memberikan manfaat dalam kesehatan mulut.

Baca Juga : 4 Manfaat Ajaib Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi Yoghurt

Yoghurt sangat baik dikonsumsi pada waktu malam hari. Kandungan mikroorganisme yang terkandung di dalamnya akan memberikan efek lebih maksimal dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, proteinnya juga akan lebih maksimal dalam memperbaiki otot-otot tubuh.

Olahraga Malam

Olahraga di malam hari akan merangsang sistem pernapasan dalam menghirup oksigen lebih banyak saat tidur. Pada kondisi biasanya, pasokan oksigen jauh lebih sedikit, dengan proses pernapasan yang pendek-pendek.

Olahraga ini bisa kamu lakukan sebelum tidur selama 15 sampai 20 menit saja. Cukup dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki, push up, atau latihan pernapasan.

Memakai Deodoran

Memakai deodoran juga manfaatnya akan jauh lebih maksimal daripada digunakan di pagi atau siang hari. Saat digunakan di malam hari, kulit akan lebih mudah menyerap kandungan deodoran tersebut dan mengendalikan keringat.

Berbeda jika digunakan di siang hari yang fungsinya hanya menghilangkan bau badan saja. Dengan penggunaan deodoran di malam hari secara rutin akan bisa menghilangkan bau badan. Bukan hanya sekedar menyamarkan baunya saja.

Itulah berbagai pola hidup sehat yang lebih maksimal manfaatnya jika dilakukan di malam hari, dan bukan berarti ketika dilakukan di siang hari akan sia-sia saja. Jadi ubah kebiasaan tersebut agar kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih maksimal.

Baca Juga : 5 Tips Mudah Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Leave A Reply

Your email address will not be published.