Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Mencegah Rematik Sejak Dini

0

Rematik merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang – orang yang memasuki usia lanjut. Penyakit rematik ini merupakan sebuah kondisi dimana adanya kelainan pada tulang yang menjadikan adanya rasa nyeri pada bagian otot serta bagian sendi yang mengalami radang pada dekat tulang tersebut. Gejala dari rematik ini dapat dirasakan yakni gejala awal berupa adanya rasa ngilu pada lutut, bengkaknya persendian, sendi terasa sedikit memanas dan juga terasa kekakuan pada sendi.

Terdapat beberapa cara untuk menghindari terjadinya rematik di usi lanjut dimana beberapa cara ini dapat dilakukan sejak dini guna menjaga kesehatan tubuh seperti

  • Olah raga dengan teratur

Olah raga memang memiliki dampak positif untuk tubuh salah satunya dapat mencegah terjadinya rematik. Melakukan olah raga dengan rutin dapat menjadikan kondisi jantung serta sistem kardiovaskular lebih baik, hal ini juga akan membantu menjadikan tulang semakin kuat dan terhindar dari penyakit rematik.

  • Mengonsumsi air putih secukupnya

Air putih merupakan asupan air yang baik untuk tubuh. Air putih yang cukup diimbangi pola makan yang cukup maka akan membantu pembentukan hingga tujuh puluh persen dari tulang rawan yang terletak pada persendian serta membantu untuk menjaga agar tetap di lumasi dan tulang tidak secara langsung bergesekkan satu dengan yang lainnya yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Peneliti menganjurkan dalam 1 hari untuk meminum minimal 8 gelas tiap harinya.

  • Melakukan proses peregangan

Peregangan ini diyakini dapat meningkatkan kinerja serta kekuatan dari sendi, namun peregangan harus dilakukan setelah tubuh melakukan pemanasan sehingga otot tidak kaget dan menjadi keram. Peregangan tanpa melakukan pemanasan akan membuat kondisi sendi menjadi buruk dan tidak dapat bekerja dengan baik.

  • Berjalan kaki

Berjalan kaki juga merupakan salah satu bentuk olah raga yaitu kardio. Berjalan kaki tanpa alas kaki di taman atau perkarangan khusus dapat meningkatkan stimulasi peredaran darah, selain itu berjalan diatas batu – batu refleksi yang tersedia di taman juga dapat membantu menekan titik – titik akupuntur pada alas kaki. Dengan berjalan kaki sebanyak dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan kinerja otot kaki serta persendian.

  • Mengonsumsi ikan

Ikan merupakan salah satu pangan yang sangat kaya akan manfaat. Ikan yang hidup di air dingin dapat membantu mencegah terjadinya rematik. Contoh ikan tersebut seperti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan makarel. Ikan yang hidup di air dingin ini memiliki kandungan omega – 3 yang tinggi diikuti sejumlah vitamin yang cukup tinggi juga omega – 2 yang efektif untuk mengurangi peradangan pada sendi yang dapat mengakibatkan rematik.

  • Mengonsumsi alpukat

Buah  – buahan memang sangat baik untuk tubuh dimana salah satunya buah alpukat yang dapat mencegah terjadinya rematik. Buah alpukat ini kaya akan vitamin A, vitamin E, dan juga lemak nabati yang mampu menstimulasi secara alami dan juga dapat memlubrika secara alami. Buah alpukat ini memang memiliki lemak namun jenis lemaknya adalah lemak nabati yang mampu untuk melumati bagian persendian sehingga dapat mencegah terjadinya rematik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.