Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

4 Penyebab Maag Kronis

3

Secara umumnya, lama serta tingkat keparahan sebuah penyakit dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kronis dan akut. Untuk Anda pengidap maag, barangkali kerap kali merasakan fenomena maag datang silih berganti di masa-masa yang berbeda. Kalau ini yang terjadi, bisa jadi yang kita alami ialah maag kronis.

Nah, obat apa yang dapat dikonsumsi guna memulihkan fenomena maag kronis ini?

Apakah maag dapat berkembang menjadi kronis?

Maag bukanlah istilah yang tentu dalam dunia medis, alias bukan adalah nama sebuah penyakit. Maag melulu istilah yang digunakan untuk memberikan cerminan mengenai sekumpulan fenomena pada sistem pencernaan.

Singkatnya, maag ialah berbagai fenomena yang menandakan adanya sebuah penyakit tertentu. Ada sekian banyak penyakit yang dapat menyebabkan maag. Di antaranya mencakup GERD, tukak lambung, irritable bowel syndrome (IBS), infeksi perut dampak bakteri, sampai peradangan lambung (gastritis).

Dari pelbagai penyakit tersebut, melulu peradangan lambung atau gastritis yang bisa terbagi menjadi situasi akut dan kronis. Kemungkinan besar, tingkatan akut dan kronis dari situasi maag yang kita alami dirangsang karena peradangan lambung ini.

Jadi nantinya, obat guna mengatasi fenomena maag kronis bakal disesuaikan kembali dengan penyebab awalnya. Gastritis akut merupakan situasi peradangan atau iritasi pada lapisan lambung, namun dalam periode masa-masa yang singkat.

Apa saja penyebab maag kronis?

Di samping dari peradangan sebab kenaikan asam lambung, maag yang dimulai oleh gastritis kronis juga dapat disebabkan oleh sekian banyak hal seperti:

1. Infeksi bakteri

Infeksi-bakteri

Infeksi dari bakteri Heliobacter pylori (H. pylori) dapat menyebabkan peradangan pada lapisan lambung. Secara bertahap, situasi ini dapat membuat sel-sel lambung meradang dan rusak.

2. Konsumsi obat tertentu dalam jangka masa-masa lama

Obat-obatan

Penggunaan obat kelompok NSAID secara rutin, berulang, bahkan dengan dosisi tinggi ternyata dapat merangsang terjadinya gastritis kronis.

NSAID ialah obat non-steroid anti-inflamasi yang seringkali dipakai untuk menolong menghilangkan nyeri. Contoh obat NSAID mencakup aspirin dan ibuprofen atau naproxen.

3. Cairan empedu masuk ke dalam lambung

Lambung

Maag kronis yang diakibatkan oleh gastritis juga dapat terjadi sebab ada cairan empedu yang masuk ke dalam lambung. Kondisi ini dikenal sebagai refluks empedu.

4. Reaksi autoimun

Reaksi-autoimun

Di samping dari sejumlah penyebab sebelumnya, reaksi autoimun juga dapat menimbulkan maag kronis yang dimulai oleh gastritis. Kondisi ini dimulai oleh respon autoimun tubuh mengakibatkan peradangan di dinding mukosa lambung.

Akibatnya sel-sel penghasil mukosa dan pelindung dinding lambung menjadi rusak. Sel-sel itu salah satunya ialah sel parietal yang mana bermanfaat untuk penyerapan vitamin B12.

Oleh sebab itu, reaksi autoimun ini menyebabkan gangguan terhadap penyerapan B12. Tubuh akan merasakan anemia dampak kekurangan B12 yang dinamakan anemia pernisiosa.

Namun, permasalahan ini memang tidak sebanyak sejumlah penyebab sebelumnya. Reaksi autoimun ini dikenal pun sebagai gastritis kronis tipe A. Di samping itu, andai Anda merasakan reaksi autoimun jenis ini, tidak menutup bisa jadi Anda pun mengalami autoimun jenis lain laksana autoimun tiroiditis, penyakit addison atau diabetes tipe 1.

Leave A Reply

Your email address will not be published.