Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Apa itu Kalkulator Usia Kehamilan

3

Bagi pasangan suami istri kehamilan merupakan sebuah peristiwa yang sangat ditunggu tunggu dan bahkan menjadi anugerah yang paling indah yang diberikan oleh sang maha pencipta.

Pasangan suami istri ini selama masa kehamilan harus saling memberikan motivasi sehingga janin akan sehat dan ibu tidak akan mengalami beban psikis.

Seorang suami ini dapat memberikan dorongan berupa dengan ikut merawat kehamilan dengan tepat sesuai usia kehamilan istrinya.

Adalah menjadi sesuatu hal yang penting untuk seorang ibu hamil mengetahui usia kehamilannya.

Karena dengan mengetahui usia kehamilan ini maka ibu ini akan bisa menentukan nutrisi apa yang dibutuhkan olehnya dan juga janinnya.

Dan juga ibu ini akan mengetahui tentang apa yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukannya berdasarkan usia kehamilannya itu. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui usia kehamilan ini adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan.

Didalam menggunakan kalkulator ini sangatlah mudah yaitu ibu hanya cukup memasukkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), dan jika ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat maka dapat memasukkan rata rata lama siklus haid didalam setiap bulannya.

Dengan menggunakan kalkulator ini juga maka ibu dapat memperkirakan kondisi janin dan juga akan dapat menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) bayi.

Fasilitas kalkulator ini akan memberikan gambaran dari perhitungan standar didalam menentukan usia kehamilan.

Selain dengan menggunakan kalkulator kehamilan ini masih banyak cara yang lainnya dan salah satunya adalah perhitungan secara manual dengan menggunakan Rumus Naegele dikurangi 7, lalu bulan haid dikurangi 3, dan pada tahun ditambahkan 1.

Berikut adalah contoh kasusnya :

Seorang ibu HPHT nya itu pada tanggal 16 september 2017. Maka perhitungan untuk tanggalnya 16 -7 = 9.

Sedangkan untuk bulannya itu bulan September yaitu bulan ke 9 – 3 = 6, dan bulan keenam itu adalah Juni. Dan untuk tahunnya itu ditambah dengan 1 yaitu 2017 + 1 = 2018.

Sehingga bisa perkiraan hari kelahirannya itu adalah 9 Juni 2018.

Selain itu juga ibu bisa menggunakan Rumus Naegele ini sebagai cara untuk menghitung usia kehamilan dari hari pertama haid dan hari terakhir haid.

Jika melihat pada kasus diatas maka tanggal 16 Oktober ini adalah bulan pertama kehamilan, bulan keduanya adalah bulan November dan seterusnya.

Itulah perbandingan antara perhitungan masa kehamilan dengan menggunakan kalkulator dan dengan menggunakan rumus Naegele.

Jadi bagi ibu cara mana yang paling mudah? Tetapi jika Rumus Naegele sedikit merumitkan maka ibu dapat menggunakan cara mudah dengan menggunakan kalkulator.

Comments are closed.