Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

4 Cara Membuat Anak Agar Mau Tidur Siang

0

Masalah umum yang biasanya akan dihadapi oleh orangtua dari anaknya adalah anak yang sulit untuk tidur siang. Salah satu penyebab seorang anak tidak mau tidur siang adalah karena anak ini sedang senang untuk bermain.

Pentingkah melakukan tidur siang untuk seorang anak? Tentu saja penting karena pada saat anak sedang dalam masa pertumbuhan maka agar tumbuh kembang anak itu tidak terganggu maka antara bermain, belajar, atau beristirahat itu harus seimbang.

Salah satu yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak itu adalah pola tidur yang baik.

Sehingga agar tumbuh kembang anak tidak terganggu, maka ibu harus mencari cara membuat anak agar mau tidur siang.

Berikut 4 tips agar anak mau tidur siang sehingga tidak akan terganggu tumbuh kembangnya diantaranya yaitu :

Membuatkan Jadwal Tidur Untuk Anak

Dengan membuat jadwal tidur untuk anak maka anak nantinya akan terbiasa untuk melakukan tidur siang. Misalnya ibu membuat jadwal tidur anaknya itu setelah jam makan siang anak.

Biasanya ketika anak sudah makan dan kenyang maka anak akan merasa mengantuk dan ingin tertidur.

Memantau Anak Agar Konsisten Mengikuti Jam Tidurnya

Selain membuatkan jadwal jam tidur untuk anaknya maka ibu juga harus terus memantau anaknya itu agar konsisten didalam mematuhi jadwal tidurnya itu.

Misalnya ibu harus memastikan anaknya itu makan dengan kenyang sehingga akan membuatnya mengantuk. Dan pastikan anak akan melakukan rutinitas tidur siangnya.

Ciptakan Suasana Yang Nyaman Dan Tenang

Agar anak mau tidur siang maka ciptakan suasana rumah itu nyaman dan tenang sehingga anak akan merasa tidak terganggu untuk memejakan matanya itu.

Karena jika di rumah masih terdengar suara televisi atau suara gaduh yang lainnya maka prose untuk membuat anak bisa memejamkan matanya itu akan lama.

Memberikan Contoh Yang Baik

Umumnya setiap anak itu akan meniru dengan apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jika ibu menginginkan anaknya untuk tidur siang maka ibu ini harus bisa memberikan contoh yang baik.

Ibu ini harus melakukan tidur siang juga sehingga ketika ibu sudah tidur dan anak melihatnya maka biasanya anak juga akan ikut tertidur.

Itulah 4 tips agar anak mau tidur siang sehingga tidak akan terganggu tumbuh kembangnya.

Dengan membuatkan jadwal tidur untuk anak maka nantinya anak akan terbiasa untuk melakukan tidur siang secara rutin.

Orangtua juga harus memastikan anak konsisten didalam mematuhi jadwal tidur yang telah dibuat olehnya. Agar anak mudah memejamkan matanya maka ciptakan suasana yang nyaman dan tenang pada saat anak akan tidur siang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.