Mau Sehat Sempurna? Baca Aldodokter

Ini Dia Cara Membuat Anak Agar Kebiasaan Suka Bohongnya Hilang

2

Salah satu sifat yang tidak terpuji adalah berbohong. Dan yang lebih mirisnya adalah sebagian anak anak suka sekali melakukan kebohongan baik kepada orangtuanya atau juga orang lain.

Anak yang suka berbohong ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk para orangtua didalam mendidik dan mengarahkannya ke arah yang lebih tepat.

Jika anak memiliki sifat ini maka orangtuanya harus segera mengatasinya sejak dini. Karena jika tidak segera diatasi maka dikhawatirkan kebiasaan ini akan dibawanya hingga dirinya dewasa sehingga akan berimbas negatif terhadap masa depannya.

Berikut cara membuat anak agar kebiasaan suka bohongnya hilang diantaranya yaitu :

Dengan Bersikap Bijak

Hindari memaksa anak untuk mengakui kebohongannya karena, ini akan membuat anak akan merasa terpojokkan.

Sebaiknya para orangtua ini melakukan pendekatan persuasif secara lembut dan juga bersahabat, sehingga nantinya akan membuat anak akan merasa nyaman dan cenderung lebih mudah didalam mengakui kesalahannya.

Tidak Emosional

Seringkali ketika anak ketahuan berbohong maka biasanya orangtua ini akan mengeluarakan, kata kata yang kasar dan bahkan dengan menghukum anak secara fisik.

Dengan melakukan tindakan ini maka hanya akan membuat anak akan merasa trauma dan akibatnya diwaktu yang lain anak akan berbohong lagi.

Dengan Menjelaskan Konsep Dan Efek Berbohong

Sebaiknya orangtua ini memberikan penjelasan dengan menggunakan bahasa yang akan mudah dipahami anak tentang bahayanya jika berbohong.

Sehingga nantinya anak akan mengerti jika berbohong itu merupakan tindakan yang tidak baik.

Misalnya dengan memberikan penjelasan tentang contoh akibat dari perbuatan bohongnya bagi dirinya sendri atau juga orang lain.

Dengan Memberi Hukuman Yang Mendidik

Saat anak melakukan kebohongan maka orangtua juga harus memberinya hukuman sehingga anak akan merasa jera dan akan berpikir ulang untuk melakukan kesalahan yang sama.

Tetapi yang harus diperhatikan adalah hindari pemberian hukuman secara fisik pada anak. Berilah hukuman yang mendidik seperti memotong uang sakunya.
Itulah cara membuat anak agar kebiasaan suka bohongnya hilang.

Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti dengan mencari tahu penyebabnya, meluruskan imajinasinya, menghargai anak, menanamkan nilai nilai agama, merekat ikatan emosional antara anak dan juga orang tua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.